Politik dan Pemerintahan

Astaga… Salah Data, Pasien Sebenarnya Negatif Covid-19 di Kota Tomohon Diumumkan Positif

Astaga... Salah Data, Pasien Sebenarnya Negatif Covid-19 di Kota Tomohon Diumumkan Positif
Foto: Laboratorium PCR Kota Tomohon, Insert: Kadis Kesehatan, dr Olga Karinda

TOMOHON, – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon akhir-akhir ini menginformasikan penambahan kasus Positif Covid-19 di Kota Tomohon yang sangat signifikan.

Namun, dari data yang diinformasikan terdapat kesalahan hasil pemeriksaan Laboratorium PCR di Kota Tomohon. “Ya, memang ada kesalahan informasi data kasus,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Tomohon, dr Olga Karinda.

Pihaknya mengklarifikasi informasi terkait List Kasus 17854 di Sulut, laki-laki umur 30 Tahun, warga Kelurahan Kamasi, dengan hasil pemeriksaan Laboratorium PCR, terkonfirmasi Positif sebenarnya adalah Negatif.

“Sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bahwa, yang bersangkutan negatif Covid-19,” terangnya.

Dikatakan, kejadian tersebut diakibatkan adanya kesalahan dalam sistem atau jaringan pada laboratorium pemeriksa saat penginputan data pemeriksaan.

“Hasil pemeriksaan di laboratorium Kota Tomohon awalnya adalah Negatif. Setelah di kirim ke pusat datanya jadi Positif. Namun, yang berhak mengeluarkan hasil pemeriksaan itu dari pusat,” ucap Olga.

Untuk itu, pihaknya sebagai Pemerintah Kota Tomohon menyampaikan permohonan maaf terhadap kejadian ini. “Kami ingin memohon maaf atas adanya kesalahan informasi dalam Press Release, Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon tanggal 14 Juli 2021 untuk List Kasus 17854,” ucapnya.

“Kami sudah menghubungi dan menginformasikan hal tersebut kepada yang bersangkutan,” tukasnya.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Berita Populer

To Top