Manado

BAN-PT Nyatakan Program Studi Biologi Fakultas MIPA UNSRAT Manado Terakreditasi A

BAN-PT Nyatakan Program Studi Biologi Fakultas MIPA UNSRAT Manado Terakreditasi A
Dekan Fakultas MIPA UNSRAT Manado Prof Dr Benny Pinontoan M.Sc (kiri), data BAN-PT (kanan).

MANADO, LiputanKawanua.com — Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), akhirnya menyatakan Program Studi Biologi Fakultas MIPA UNSRAT Manado Terakreditasi A.

Hal itu pun disambut gembira Civitas Akademika Program Studi Biologi Fakultas MIPA UNSRAT. “Kami salut dan memberikan penghargaan kepada pimpinan program studi bersama jajaran dosen, pegawai dan mahasiswa biologi, terlebih khusus tim akreditasi yang sudah mempersiapkan kelengkapan berkas untuk pelaksanaan AL, hingga pengumuman resmi dari BAN-PT,” ungkap Dekan Fakultas MIPA UNSRAT Manado Prof Dr Benny Pinontoan M.Sc.

Dikatakannya, ini merupakan prestasi yang luar biasa. Karena, sebaik apapun aktifitas program studi, tapi jika akreditasi hanya C atau B, tentunya belum terukur penuh. “Ukuran baiknya suatu program studi apabila hasil AL dari BAN-PT dinyatakan terakreditasi A,” bebernya.

“Nah, prodi biologi telah membuktikan prestasinya, dan ini tidak lepas dari kepemimpinan ketua program studi sekaligus ketua jurusan Dr Rooije RH Rumende S.Si M.Kes dan sekretaris jurusan Dr Hanny H Pontororing S.Si M.Si. Itu didukung juga tim akreditasi dipimpin Dr Ratna Siahaan M.Si, seluruh staf dosen, mahasiswa, pegawai, alumi, pengguna, bahkan dukungan penuh saya sebagai Dekan FMIPA UNSRAT bersama jajaran yang ada,” tandasnya.

Senada diungkapkan, Wakil Dekan bidang akademik FMIPA UNSRAT, Ir Feky Mantiri M.Sc PhD. Dia mengaku bersyukur karena prodi biologi sudah terakreditasi A. “Ini patut diapresiasi. Kamipun turut berjuang bersama sama, untuk capaian itu. Karena kelengkapan berkas untuk dinilai BAN-PT, bukan hanya pada kelengkapan berkas yang dimiliki prodi. Tapi, berkas dari kami fakultas juga diminta sebagai persyaratan berkas yang wajib dipenuhi untuk dinilai,” bebernya.

“Jadi hasil yang dicapai ini merupakan paripurna dari semua dukungan data yang tersinkronisasi dengan maksimal dan dapat dipertanggungjawabkan dihadapan asesor BAN-PT saat pelaksanaan AL pada tanggal 3 dan 4 september 2020,” tukas Feky.

Sementara, Ketua program studi sekaligus Ketua jurusan Dr Rooije RH Rumende S.Si M.Kes mengungkapkan, sebagai ungkapan syukur atas terakreditasinya A program studi biologi, maka kemarin telah dilaksanakam ibadah syukur secara online.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNSRAT Prof Dr Ellen J Kumaat M.Sc DEA bersama jajaran rektorat, ketua ketua lembaga di UNSRAT, asesor internal UNSRAT,  Dekan FMIPA UNSRAT bersama jajaranya, alumi, pengguna alumi, dan civitas akademika program studi biologi FMIPA UNSRAT. “Terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang baik, sehingga kami boleh terakreditasi A,” ungkap Rumende di dampingi Pontororing sebagai sekretaris jurusan biologi.

“Tentunya, kami akan terus memberikan yang terbaik untuk UNSRAT Manado,” pungkas Rumende.

Diketahui, keputusan BAN-PT tertuang dalam surat keputusan BAN-PT  nomor 5252/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020. Dalam SK Tertanggal 8 Sep 2020 itu, setelah dilaksanakan Asesmen Lapangan (AL) OLEH BAN-PT pada tanggal 3-4 Sep 2020, oleh asesor BAN-PT masing masing Prof Dr Okid Parama Astirin MS (Universitas Sebelas Maret) dan Dr Sony Heru Sumarsono (Institut Teknologi Bandung), maka BAN-PT menyatakan program studi biologi Fakultas MIPA UNSRAT terakreditasi A berlaku sejak 8 september 2020 sampai 8 september 2025.

Editor: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top