Sulut

Bawaslu Sulut Gelar Rakor Pilkada Berintegritas Ramah Lingkungan

SULUT, liputankawanua.com – Bawaslu Provinsi Sulut menggelar Rapat Koordinasi bersama stake holder terkait Pilkada berintegritas dan ramah lingkungan, Jumat (20/11/2020) di the Lagoon Hotel.
Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda berharap lewat kegiatan ini bisa memberikan informasi terkait dengan langkah-langkah untuk mendukung setiap tugas-tugas pengawasan Bawaslu Provinsi Sulut dengan berintegritas dan ramah lingkungan.
“Penyelenggaraan pemilu dan pilkada pada saat ini, Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggara pemilu yang berintegritas, Bawaslu Sulut sudah melaksanakan sosialisasi dan berkoordinasi dengan peserta pilkada untuk sama-sama mewujudkan pilkada tahun 2020 yang berintegritas, semoga setiap MoU bersama antara penyelenggara pemilu dan peserta pemilu dapat menerpkan dengan baik. Bawaslu juga membutuhkan dukungan dari partisipasi public, bukan hanya sekedar berpedoman pada regulasi secara tertulis melainkan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan memilih pemimpin yang berkualitas, ” ujar Malonda.
Ia menegaskan terkait dengan intensitas terhadap politik uang yang saat ini kita bersama-sama harus dengan tegas menolak dan berperan aktif berani menjadi pelapor apabila hal demikian terjadi.
“Selain itu, kedua terkait dengan netralitas ASN, Bawaslu Sulut sudah memberikan rekomendasi kepada KASN untuk memberikan tindakakan kepada ASN yang melanggar netralitas agar pemberian sanksi dapat direalisasikan, serta juga memberikan sanksi terkait dengan jenjang karir apabila terbukti tidak menjaga netralitas ASN agar efektif dalam penerapan tindkan netralita ASN, ” papar Malonda.
Kemudian, menambakan terkait dengan setiap keputusan pejabat negara yang juga diawasi oleh Bawaslu agar tidak berdampak merugikan dan meguntungkan kepada paslon tertentu saat ini.
“Dalam pelaksanaan tahapan dan setiap kegiatan saat ini Bawaslu juga menerapkan disiplin covid-19 dan bersyukur tidak ada yang terjangkit saat ini. Kemudian terkait dengan tertib ramah lingkungan dalam pelaksanaan kampanye yang berjalan saat ini, dan akan memberikan tindakan apabila tidak mematuhinya,” kata Malonda.(mrc)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Berita Populer

To Top