Sulut

Bawaslu Sulut Launching Gerakan Awasi Coklit

Bawaslu Sulut Launching Gerakan Awasi Coklit
Foto launching dilakukan secara virtual

SULUT, LiputanKawanua.com – Badan Pengawas Pemilhan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan launching Gerakan Awasi Coklit secara virtual, Rabu (15/07/2020).

Kesempatan itu juga dilaksanakan konsolidasi pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih. “Ini dilakukan sebagai bentuk koordinasi soliditas seluruh jajaran pengawas pemilihan se Sulut,” kata Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda dalam arahannya usai memimpin pelaksanaan Launching.

Malonda juga menginstruksikan pada jajarannya selalu cepat saling berkoordinasi dengan sesama pengawas pemilihan ketika mendapati permasalahan. Dan bahkan mengkonsultasikan ke jajaran diatasnya jika ada hal-hal yang kurang jelas dalam kerja pengawasan.

“Utamakan selalu protokol kesehatan yakni utamakan prosedur yang seharusnya dilakukan, jangan anggap remeh,” tegasnya.
Sementara itu pimpinan Bawaslu Sulut Kenly Poluan mengatakan bahwa dalam tahapan pemutakhiran data pemilih pihaknya akan mengawasi dua kegiatan KPU.

Yakni awasi Gerakan Klik Nasional atau Sistem Lindungi Hak Pilih serta mengawasi proses Pencocokan Penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Kita akan memeriksa proses loading dari sistem lindungi hak pilih dan mencatat informasi, temuan, atau kendala pada saat kita menguji coba masuk pada sistem tersebut. Setelah itu kita lakukan pengawasan coklit yang akan dilakukan PPDP,” jelas Kenly.

Dijelaskannya juga bahwa pengawasan langsung dan melekat akan menghasilkan banyak manfaat yang baik. Sehingga pekerjaan pengawasan harus dilakukan secara langsung dan melekat. Supaya nanti bisa mendapatkan semua informasi yang kredibel dan dituangkan dalam Alat Kerja Pengawasan Coklit.

“Petugas kita (Bawaslu) memang terbatas tapi punya peta rawan. Dengan demikian kita akan memilih titik pengawasan berdasarkan identifikasi kerawanan, manfaatkan peta ini,” tambahnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifudin dan Anggota Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu, Mustarin Humagi, Awaludin Umbola serta Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut Aldrin Christian.
Hadir sebagai peserta ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota, Panwascam dan staf divisi pengawasan se Sulut.(mrc)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top