Berita Terkini

Eman: Revolusi Industri Jilid Empat Telah Pengaruhi Segala Lini Kehidupan

Eman: Revolusi Industri Jilid Empat Telah Pengaruhi Segala Lini Kehidupan

TOMOHON,liputankawanua.com — Wali Kota Jimmy F Eman mengatakan, bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, telah mempengaruhi pola hidup yang harus diikuti oleh masyarakat dalam dunia yang berubah dengan cepat.

“Revolusi industri jilid keempat telah mempengaruhi segala lini kehidupan. Baik dalam cara manusia berpikir dan berkomunikasi satu dengan yang lain, tetapi juga dalam cara mengelolah usaha, pemerintahan dan perekonomian termasuk UMKM. Ditambah lagi, belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang menjadi cambuk dan pemicu bagi perekonomian Indonesia dan dunia untuk segera beradaptasi dengan banyak kebiasaan normal baru,” ujarnya, saat kegiatan Digitalisasi Talent Scholarship, Digital Entrepreneurship Academy (DEA), di Villa Emitta Tomohon, Rabu (18/11/2020).

Dalam menghadapi perubahan dan persaingan, tidak boleh takut dan gentar, tetapi harus menghadapi serta memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang maju pesat, dengan cara-cara baru dan terobosan-terobosan baru.

“Oleh karena itu teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam keterampilan, kecepatan, kreativitas dan inovasi adalah kunci menghadapi era ini, karena pelatihan bidang TIK adalah bagian penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” jelasnya.

Pengembangan sumber daya manusia menjadi prioritas pemerintah pusat dan daerah, sehingga pelatihan digital entrepreneurship academy yang merupakan salah satu program digital, yang dilaksanakan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP-Kominfo) Manado sebagai UPT dari Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo RI), memiliki peran untuk memberdayakan dan meningkatkan kapasitas masyarakat, khususnya pelaku UMKM, untuk dapat memanfaatkan infrastruktur telekomunikasi yang ada secara optimal.

Di era new normal dan transformasi digital Indonesia, Presiden telah menetapkan 5 langkah percepatan transformasi digital, yaitu: Percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, Penyiapan peta jalan (Roadmap) transformasi digital di sektor-sektor strategis, Percepatan pembangunan dan integrasi pusat data nasional, Penyiapan kebutuhan sumber daya manusia talenta digital, serta Penyediaan regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan yang mendukung agenda transformasi digital Indonesia.

“Target pelaksanaan bimtek kali ini adalah UMKM. Karena usaha ini memiliki kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia dan menjadi salah satu penopang perekonomian negara. Diantaranya, dengan menyediakan 99 persen lapangan pekerjaan dan menyerap lebih dari 89 persen tenaga kerja. Disamping itu, UMKM juga menyumbang 60,34 persen dari total PDB Nasional,” terang Eman.

Dengan adanya pandemi Covid-19, tidak sedikit pegiat usaha terdampak oleh pembatasan fisik dan sosial karena masih berbasis pada usaha konvensional atau offline. “Terlebih di masa pandemi Covid-19 membuat banyak usaha harus menghadapi berbagai tantangan, situasi ini menjadi pemicu terbesar yang membawa kita kepada lompatan transformasi digital dan adopsi teknologi untuk proses pengembangan SDM. Dalam proses adaptasi ini tentunya banyak tantangan dan kendala yang dihadapi, jadikan tantangan ini sebagai cambuk untuk melesat lebih maju melalui kreativitas dan inovasi,” katanya.

Dia menambahkan, peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai aktor utama dalam perubahan ini menjadi sangat penting, terutama karena Indonesia masih kurang dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), inilah saatnya bagi para pemilik dan karyawan UMKM, home industry serta masyarakat umum untuk terus berinovasi dan berkarya. “Secanggih apapun teknologi informasi dan komunikasi kalau tidak dimengerti, dipahami dan diaplikasikan dengan baik maka penguatan SDM tidak tercapai,” oungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Daerah Kota Tomohon ODS Mandagi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tomohon Novi Politon, Kepala BPSDMP Kominfo Manado Christiany Juditha, serta para peserta pelatihan.***

Terry Wagiu

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Berita Populer

To Top