Politik

JGE Layak Disandingkan Dengan Kandidat Manapun di Pilkada Tomohon 2020

FB IMG 1583499155156 02

TOMOHON, liputankawanua.com — Siapa kandidat Bakal Calon (Balon) yang akan berpasangan di Kota Tomohon dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada), bulan September 2020 mendatang masih dalam tanda tanya.

Namun, kehadiran Jilly Gabriella Eman, SE MM (JGE) dalam bursa calon walikota (Cawali), menambah daya pikat pesta demokrasi Pilkada di kota berjuluk Religius tersebut. Semangat dan energi baru dari kalangan milenial, menjadikan kontestasi politik di Kota Tomohon ini semakin bergengsi.

Hal itu, tidak lepas dari sepak terjang Ketua Karang Taruna Kota Tomohon itu. JGE kini semakin familiar dan dicintai masyarakat. Program-program kemasyarakatan yang dibuat JGE lewat Karang Taruna, sangat menyentuh kepentingan warga Kota Tangguh.

Selain itu, Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Tomohon tersebut dianggap mewarisi karakter memimpin Ketua DPD II Partai Golkar Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE.Ak CA (JFE) yang tidak lain adalah orang tuanya.

“Saat ini, elektabilitas JGE terus menjulang. Posisinya sebagai salah satu bakal cawali Golkar semakin kuat. Kami optimis, dengan siapa saja dia dipasangkan nanti, akan mendapat hasil maksimal,” ungkap Ketua Partai Golkar Kecamatan Tomohon Timur, Jack Malonda, kepada wartawan, Senin (9/3/20).

Malonda mencontohkan, JGE bisa disandingkan dengan Miky Junita Linda Wenur (MJLW) yang tidak lain adalah pengurus Partai Golkar. Di sini, lanjut dia, kolaborasi milenial dan figur berpengalaman sangat tepat untuk memimpin Kota Tomohon. Begitu juga dengan figur-figur lain dari Partai Golkar. “Intinya ada pada JGE. Popularitasnya saat ini menjadikan dia layak diusung sebagai cawali. Nah, banyak kader partai Golkar yang punya pengalaman bisa mendampingi dia,” ucapnya.

Senada dikatakan Hendra Mangundap. Militan Edwin Poluan salah satu cawali yang mendaftar di Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu mengaku mendukung jika JGE dipasangkan dengan Edwin Poluan. “Jika JGE dan Pak Edwin dipasangkan, itu sangat tepat. JGE menjadi representasi milenial yang sarat pengalaman baik di dunia usaha, organisasi dan partai.

“Apabila dikolaborasi dengan Edwin Poluan sebagai seorang yang berpengalaman di dunia perbankan, akan semakin komplit. Komitmen mereka pun sama, untuk membangun Kota Tomohon. Sama-sama orang baik,” tandasnya.

Sementara itu, pengamat politik Rolly WD Toreh SH beranggapan, JGE merupakan figur yang tepat untuk mengisi posisi papan satu. JGE menurutnya juga layak bersanding dengan sejumlah birokrat handal berpengalaman. “Misalnya dengan Pak Sekot Harold Lolowang, Pak Kaban Ronny Lumowa atau Kadis Dolvin Karwur. Kolaborasi politisi dan birokrat juga sangat diperhitungan,” tuturnya.

“Birokrat punya pengalaman mengatur pemerintahan. Dilengkapi dengan semangat baru dari Cawali JGE dengan ide-de briliannya, tentu akan semakin komplit. Justru semangat baru seperti yang dimiliki JGE akan semakin membuat birokrasi yang akan dipimpinnya banyak berinovasi,” beber Toreh.

Diakui, kapasitas dan kualitas yang dimiliki JGE juga membuat dia luwes untuk berpasangan baik dari internal partai, birokrat maupun eksternal Golkar. “JGE punya posisi tawar yang tinggi. Jika pun dia dipasangakan dengan politisi dari luar partai Golkar, itu bisa saja. Misalnya dengan Ketua PDIP Caroll Senduk atau figur lainnya. Justru pasangan ini akan semakin spektakuler,” terang Toreh.

Begitu pun dengan SJT (Sherly Joan Tamuntuan), lanjut dia, pasangan ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat. “Akan banyak kejutan jika JGE-SJT dipersatukan. Keduanya dinilai memiliki komitmen kuat untuk membangun Tomohon dan jejaring yang luas. Saya kira, pasangan ini juga sangat tangguh dan hebat,” lugasnya.

“Mengapa JGE bisa berpasangan dengan siapa saja, karena karakter kepemimpinan JGE seperti ayahnya JFE. Ia mampu membangun komunikasi politik yang baik dengan siapa saja, sederhana, cerdas, merakyat, mandiri dan beriman. Saya kira itu mutlak dimiliki seorang pemimpin khususnya di Kota Religius ke depan,” tukasnya.***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top