Politik

JGE-RSL Pasangan Ideal Jika Diusung Golkar di Pilkada Tomohon 2020

Jilly G Eman SE.MM (kiri), Ronny S Lumowa S sos M.Si (kanan).

TOMOHON, liputankawanua.com — Meski masih terbilang jauh, suhu politik di Kota Tomohon menghadapi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota kian memanas.

Masyarakat pun sementara menilai siapa sosok pemimpin masa depan di kota sejuk itu. Sejumlah figur diketahui sementara bersosialisasi dalam rangka merebut hati masyarakat kota berjuluk Tangguh tersebut.

Di Kota Tomohon sendiri, tensi politik di internal Partai Golongan Karya (Golkar) disebu-sebut cukup memanas. Pasalnya, sejumlah nama yang diusulkan melalui rapat pleno penetapan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota, beberapa waktu yang lalu bisa di kata sangat diperhitungkan partai di luar Golkar.

Para kandidat bakal calon dari Partai Golkar yang diusulkan untuk mendapatkan SK sebagai calon Walikota yakni, Jilly Gabriela Eman SE.MM (JGE), Ir Miky J L Wenur MAP dan Syerly A Sompotan. Sedangkan untuk bakal calon Wakil Walikota yakni, Reggie Arther Wuwung S.Th (RAW), Ir Harold V Lolowan M.Si (HVL), Ronny Sarundayang Lumowa S.sos M.Si (RSL) dan AKBP (Purn) Tony Salawati (TS).

Beberapa pengamat politik pun sudah mencoba memasang-masangkan bakal calon dari internal partai berlambang beringin tersebut sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota yang berpeluang besar diusung Golkar, seperti JGE-MJLW dan SAS-RAW.

Selain itu, pengamat Politik di Kota Tomohon, Raymond Tular menilai, JGE-RSL merupakan pasangan yang sangat cocok jika disandingkan untuk bertarung dalam Pilkada 2020 ini. “Ya, JGE-RSL saya rasa sangat ideal jika dipasangkan sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota,” ungkap Tular ketika bersua dengan wartawan media ini, Jumat (31/1) 2020.

Pasalnya, lanjut dia, kolaborasi antara generasi milenial dan sosok birokrasi handal di Kota Tomohon tersebut dinilainya akan mampu membawah Kota Tomohon ke arah yang lebih baik lagi kedepan. “Jika disandingkan, JGE merupakan salah satu generasi muda di Kota Tomohon yang sukses dalam bidang usaha. Dia dibekali pendidikan yang cukup, pasti punya ide-ide yang brilian untuk Kota Tomohon kedepan,” beber Wakil Ketua DPD KNPI Tomohon tersebut.

“JGE, juga didukung penuh oleh ayahnya yang saat ini menjabat sebagai Walikota Tomohon. Jilly juga punya banyak pengalaman di berbagai organisasi, baik organisasi kepemudaan maupun organisasi Gereja,” terangnya

Sedangkan RSL, kata dia, seorang birokrat yang sudah cukup berpengalaman di pemerintahan. “Ya, RSL sudah sangat berpengalaman. Dia sudah beberapa kali dipercayakan di jabatan-jabatan strategis. Yang terakhir ini saya tau pak Lumowa dipercayakan sebagai Kaban Kesbangpol Tomohon,” jelasnya.

Ditambahkan, sebagai seorang birokrat, RSL juga tidak pernah tersandung kasus korupsi, atau kasus-kasus lainnya. “Jadi, JGE-RSL jika disandingkan saya rasa sangat cocok. Pasti diperhitungkan masyarakat untuk kemajuan Kota Tomohon kedepan,” tukas Tular.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top