Penulis : Jesica Jes

TOMOHON, LiputanKawanua.com – Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir.Harold V Lolowang mengikuti Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi dan Pengelolaan Bank Pembangunan Daerah dan Optimalisasi Pendapatan Daerah Melalui Peningkatan Peran Bank BPD Sulutgo, pada hari Rabu 15 Juli 2020. 

Materi KPK disampaikan oleh Bapak Maruli Tua Manurung selaku Kasatgas Korwil 1 membahas diantaranya area intervensi KPK melalui Korwil yakni perencanaan, pengadaan barang dan jasa,perizinan dan APIP,Manajemen ASN,Optimalisasi pajak daerah, manjemen aset daerah tata kelola dan desa.

Program khusus KPK tahun 2020 yakni fokus pada penanganan Covid, Optimalisasi BUMD dan Koordinasi program pencegahan korupsi. “KPK akan terus melakukan monitoring agar upaya-upaya pencegahan korupsi di daerah terus berjalan dan pentingnya peran aktif Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP),” ungkap Kasatgas Korwil 1.

Selanjutnya, lanjut dia, menyangkut Kontribusi Bank Sulutgo terhadap Pemda di Sulawesi Utara dan Gorontalo yakni penempatan kasda di Bank Sulutgo, pemasangan alat monitoring transaksi untuk optimalisasi penerimaan daerah dan Kontribusi deviden terhadap APBD. 

Diketahui materi dari Dirut Bank Sulutgo yakni berjudul Dukungan Bank Sulutgo dalam pengolaan keuangan daerah yakni dukungan inovasi produk untuk Pemerintah Daerah, Dukungan Informasi Teknologi, Dukungan Jaringan dan Layanan serta Optimalisasi Pendapatan Daerah. 

RedaksiLK