Berita Terkini

Puskesmas Lansot Serius Tangani Covid-19

TOMOHON, liputankawanua.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terus berupaya melakukan penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19). Hal tersebut pun tidak luput dari keseriusan tenaga kesehatan dari Puskesmas Lansot, Tomohon Selatan.

Dari pantauan media ini, dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD), Sabtu (4/4/20), sejumlah tenaga medis yang ditugaskan di Puskesmas Lansot tersebut aktif melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang terinformasi melakukan kunjungan di daerah-daerah yang sebagian masyarakatnya terdeteksi positif Covid-19.

Kepala Puskesmas Lansot dr. Agustin Mantow, melalui dr Donny Lumabanbatu salah satu Dokter yang memimpin perkunjungan tersebut mengungkapkan, pihaknya aktif dalam melakukan pemantauan terhadap pelaku perjalanan.

“Ya, kunjungan terhadap beberapa masyarakat ini rutin kami lakukan supaya keadaan orang yang melakukan kunjungan di luar daerah ini tetap terdeteksi. Apakah ada gejala atau tidak,” ungkap Donny.

Dia mengungkapkan bahwa, pihaknya hanya melakukan pemantauan di wilayah pelayanan dari Puskesmas Lansot. “Masyarakat yang kami kunjungi di Kelurahan Tumatangtang, Tumatangtang 1, Walian, Pinaras, Lahendong dan Kampung Jawa,” tuturnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya dalam penanganan Virus tersebut sangat membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat. “Kami akan berusaha melakukan yang terbaik untuk masyarakat. Tapi, kami meminta kepada masyarakat supaya melakukan apa yang sudah disampai-sampaikan oleh pemerintah seperti, menghindari keramaian, rajin cuci tangan dan tetap menjaga daya tahan tubuh,” tukasnya.

Sementara, salah satu warga yang sudah selesai menjalani isolasi mandiri lantaran datang dari luar daerah mengapresiasi pelayanan Puskesmas Lansot. “Saya dikunjungi oleh pegawai kesehatan sejak melakukan kunjungan di luar daerah pada waktu yang lalu,” ungkap warga Tumatangtang yang tak mau namanya di beritakan itu.

Kinerja tenaga kesehatan ini perlu kita apresiasi. Artinya, kata dia, pihak Puskesmas serius dalam menangani masalah Covid-19 di daerah ini. “Sebagai masyarakat, tentu kami mensuport segala usaha yang dilakukan tenaga kesehatan. Yang pasti, ini dilakukan untuk masyarakat,” ujarnya.

“Untuk itu, sebagai masyarakat harus menunjang segala petunjuk dan imbauan dari Pemkot Tomohon. Supaya, virus ini tidak menyebar dan membahayakan Kota Tomohon. Masyarakat harus sadar diri untuk tetap waspada tetapi juga tidak panik,” tukasnya.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top