banner 728x90

Uang Pembeli Masuk Kantong, Bos Planet Surf Tomohon Ditangkap Tim Totosik

Uang Pembeli Masuk Kantong, Bos Planet Surf Tomohon Ditangkap Tim Totosik
Terduga pelaku saat diamankan Tim Totosik (kiri), Toko Planet Serf Tomohon (kanan)

TOMOHON, – Tim Totosik, mengamankan CM alias Choirudin (23), Kepala Toko Planet Surf Tomohon, Sabtu (9/4/2022). Pria asal Kabupaten Malam, Jawa Barat tersebut diduga mencuri serta menggelapkan uang.

Dari informasi Kepolisian, awalnya Tim Totosik Polres Tomohon mendapatkan informasi dari masyarakat sekira pukul 13:00 Wita, terkait adanya pencurian dan penggelapan, yang diduga dilakukan oleh Kepala Toko Planet Surf Tomohon.

“Dari laporan itu, kami langsung merespon dan melakukan Pulbaket di TKP, dan langsung menginterogasi terduga pelaku,” ungkap Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK MH, melalui Kepala Tim Totosik, Aipda Yanny Watung kepada wartawan, Minggu (10/4/2022) siang.

Dari keterangan terduga pelaku, Yanny melanjutkan, kejadian berawal pada bulan Desember 2021. Terduga CM mencoba bermain judi online dan pada awalnya memperoleh kemenangan.

BACA JUGA: Pemuda Tumatangtang Ditikam, Tim Totosik Ringkus Pelaku Tak Lewat Dari 8 Jam

“Nah, selang beberapa bulan kemudian pria, terduga mengalami kekalahan, dan pada bulan Februari 2022, tergoda untuk memanipulasi sistem di Tokoh tempatnya bekerja (Planet Surf),” terang Yanny.

Dijelaskan, modus terduga melaksanakan transaksi dengan pelanggan, tidak mengeluarkan struk sesuai yang dibeli oleh pelanggan. Tindakan tersebut, kata dia, tidak terdaftar pada input data komputer yang berada di Tokoh tersebut.

“Jadi, terduga menjelaskan, uang yang dibayarkan oleh pelanggan diambilnya,” beber Katim yang diketahui juga sebagai, Kanit Intelkam Polres Tomohon tersebut.

Kejadian dilaporkan karyawan Planet Surf Tomohon ke Manajer Wilayah

Kejadian ini, lanjut dia, baru diketahui karena adanya informasi oleh salah satu karyawan kepada Manajer Planet Surf, Wilayah Indonesia timur.

“Dari situ, manager langsung melakukan pengecekan. Hasil sementara ditemukan adanya¬† kerugian mencapai Rp. 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah),” jelasnya.

BACA JUGA: Tukang Ojek di Tomohon Diamankan Tim Totosik Lantaran Ancam Warga Minahasa Pakai Sajam

Menurut keterangan manajer, jumlah kerugian akan bertambah. Sebab, barang-barang di toko tersebut belum stok, atau diperiksa secara keseluruhan.

“Saat ini, terduga sudah kami amankan di Mapolsek Tomohon tengah untuk diproses sesuai aturan,” tukas Yanny.