Penulis : Terry Wagiu

TOMOHON, — Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH melaksanakan pertemuan dengan Asean Sustainable Urbanisation Strategy (ASUS) United Nations Human Settlements Programme (UN–HABITAT) di Command Center MPP, Selasa (30/3/2021).

Kegiatan itu juga sekaligus menerima kunjungan dari Ibu Bianca Martono, selaku Lokal Project Officer, ASUS, UN-HABITAT untuk Kota Tomohon, sebagai bagian dari penugasan resmi.

Walikota Tomohon menjelaskan, kunjungan Bianca Martono dalam misi yang bertujuan untuk melaksanakan keterlibatan dan konsultasi lebih lanjut dengan otoritas kota dan pemangku kepentingan dengan pertemuan tatap muka dan diskusi yang aktif setelah konsultasi Kota pertama pada bulan Februari 2021 lalu.

“Ya, pertemuan ini juga terkait laporan draf akhir diagnostik Kota Tomohon dan draf proposal teknis serta mengumpulkan dan menyelaraskan arah Kota pada draf akhir Diagnostik Kota dan draf proposal teknis, dan Finalisasi pembentukan komite pengarah,” ungkap Caroll.

Dia (Walikota-red) mengucapkan selamat datang di Kota Tomohon kepada Ibu Bianca Martono. “Selamat menikmati keindahan dan kesejukan Kota Tomohon serta keramahan masyarakatnya. Tentu kami sangat senang atas kunjungan kehormatan dari perwakilan ASUS, UN-HABITAT di Kota Tomohon,” ucapnya.

“Saya berharap, program ini akan terealisasi secepatnya sehingga memberikan solusi terbaik dalam permasalahan-permasalahan yang ada menyangkut jaminan keamanan dan keselamatan masyarakat. Serta akan mendukung serta akan terus bekerja sama dengan ASUS, UN-HABITAT,” bebernya.

Dalam program ini, kata dia, Kota Tomohon terpilih untuk berpartisipasi dalam proyek ini. “Kota Tomohon salah satu dari delapan kota di negara ASEAN yang masuk dalam program ASUS yang fokus pada pengenalan solusi digital untuk memperkokoh keamanan dan keselamatan masyarakat umum,” tukas Caroll.

Dalam kegiatan ini Walikota juga berinteraksi via zoom dengan Riccardo Maroso, selaku Project Team Leader Asean Sustainable Urbanisation UN-Habitat Regional Office for Asia and Pasific, Ibu Benazir Syahril ASEAN Sekretariat dan Betsy Lengkong ASEAN Sekretariat Jakarta.

Dalam kegiatan ini Walikota didampingi Ketua Tim Penggerak PKK drg Jeand’arc Senduk-Karundeng. Hadir juga, Penjabat Sekretaris Daerah Jemmy Ringkuangan AP M.Si bersama Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Toar Pandeiroth S.Pd MM, Para Staf Ahli dan Kepala Dinas.

Editor: Terry Wagiu