Manado,- Persiapan pemilihan umum (pemilu) di Sulawesi Utara (Sulut), dikebut. Salah satu fokus utama pihak penyelenggara yakni kesiapan surat suara.

Guna memastikan unsur penting yang menjadi pendukung proses pesta demokrasi itu, Ketua KPU Sulut Kenly Poluan dan Sekretaris KPU Sulut Lucky Firnandy Majanto, melakukan monitoring atau visitasi proses cetak surat suara Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Sulut ke pihak penyedia PT Glora Aksara Pratama (GAP) pada Sabtu (16/12/23).

Jajaran KPU didampingi Karo Ops Polda Sulut AKBP Wawan Wirawan, As Intel Kejati Sulut Marten Tandi, Kasubdit Politik Polda Sulut Komp M Wowiling dan Korwil BIN Manado Alvons Sumenge. Rombongan diterima Kepala Operasional PT GAP, Dina, sebagai perwakilan pimpinan perusahaan.

Dijelaskan Ketua KPU Sulut Kenly Poluan, tujuan visitasi untuk mengecek dan memastikan pengadaan logistik pemilu dilaksanakan oleh pihak penyedia telah memenuhi standar dan regulasi. Itu mencakup kualitas, proses produksi dan distribusi logistik surat suara.

“Pada prinsipnya yakni tepat jumlah, tepat jenis, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat kualitas serta efesien,” terang Poluan.

Ditambahkan Majanto, monitoring ini untuk mengecek surat suara Anggota DPD Dapil Sulut telah dicetak sebagaimana yang diusulkan oleh KPU Sulut.

Kemudian, memastikan surat suara yang dicetak sesuai dengan jenis dan kualitas kertasnya sesuai spesifikasi serta pendistribusian surat suara sesuai dengan  tanggal yang telah ditetapkan yaitu 23 Desember 2023.

“Jadi, rencana tiba di pelabuhan Bitung pada tanggal 1 Januari 2024,” lugas Majanto didampingi Kabag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Sulut, Meidy Malonda.