Sulut,- Masyarakat bumi Nyiur Melambai patut berbangga. Partisipasi pemilih masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) di pemilihan umum (pemilu) tahun 2024, naik signifikan.

Itu dibandingkan dengan gelaran Pemilu 2014 sekitar 78 persen dan Pemilu 2019 dikisaran 79,3 persen.

Demikian Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut, Awaludin Umbola usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Serta Penetapan Hasil Pemilu Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024, Minggu (10/03/24) subuh.

Umbola menyebut, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemilu mengalami peningkatan atau kenaikan cukup tajam.

“Pemilu tahun 2024 ini angka partisipasi pemilih masyarakat Sulut menyentuh angka 83 persen lebih,” aku Umbola kepada wartawan di Hotel Grand Kawanua, Manado.

Lebih jauh, Umbola bilang, tingkat kepercayaan pemilih sekarang ini lebih banyak pada pemilihan presiden (pilpres).

Namun juga, secara berjenjang mengalami kenaikan tingkat partisipasi masyarakat untuk pemilihan tingkat provinsi yang mencapai angka 82 persen lebih.

“Saya atas nama KPU Sulut mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sulut yang telah mempercayakan penyelenggara pemilihan umum dan telah berpartisipasi pada pesta demokrasi tahun 2024,” lugasnya.

Diketahui, kenaikan partisipasi masyarakat untuk Pemilu 2024 di Sulut tidak lepas dari sosialisasi pihak penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu, serta juga peran Pers dalam memberi penguatan dengan informasi terkait kepemiluan.