Sulut, Tensi politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa Selatan, menanjak. Tampilnya sederet figur top yang digadang-gadang maju di kontestasi bergengsi ini, jadi penyulut.

Salah satunya, birokrat handal Ferry Jones Sangian, SSos MAP, yang kini menjabat Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Mencuatnya nama Sangian, cukup memberikan warna dalam bursa calon kepala dan wakil kepala daerah di wilayah pecahan Kabupaten Minahasa itu.

Apalagi, figur Sangian dikenal sebagai pejabat dengan segudang pengalaman di lingkungan Pemprov Sulut. Dia beberapa kali dipercayakan Gubernur Olly Dondokambey menduduki berbagai jabatan strategis di pemerintahannya.

Bak gayung bersambut, sinyal positif untuk maju di Pilkada Minsel dikirimkan Sangian. Rupanya, sebagai seorang aparatur sipil negara (ASN), putra terbaik asal Minsel ini terus mengobarkan semangat perjuangannya untuk berbakti bagi nusa dan bangsa.

Kepada media ini, Sangian menyatakan siap bertarung pada Pilkada Minsel 2024. Dia pun siap maju berpasangan dengan Frangky Donny Wongkar yang kini merupakan incumbent Bupati Minsel.

“Siap bertarung sebagai Wakil Bupati Minsel pada pilkada tahun ini,” sembur birokrat pengagum Bung Karno itu.

“Saya pun sangat siap maju bersama dengan pak Frangky Wongkar untuk menuju Minsel yang lebih hebat,” sambung dia, Rabu (15/05/25) siang.

Meski begitu, mantan Kadis Kebudayaan Provinsi Sulut menambahkan, semuanya tergantung kepada masyarakat Minsel, dalam memberikan dukungan untuk memilih figur yang terbaik.

“Karena, suara masyarakat yang menentukan. Tujuan saya untuk membangun kampung halamannya Minahasa Selatan menjadi sejahtera,” kunci birokrat senior tersebut.

Sejumlah warga Minsel menilai duet Wongkar-Sangian adalah pasangan paripurna. Kehadiran Sangian dianggap dapat memperkuat birokrasi Pemkab Minsel.

“Cocok, pasti pemerintahan akan semakin baik. Intinya, komitmen yang kuat untuk melayani masyarakat,” ungkap warga.(*)