Manado,- Konsistensi pembinaan atlet di klub bola voli Bright Jos Elektrik (BJE) Sulawesi Utara (Sulut), patut diapresiasi. Komitmen pelatih utama sekaligus pemilik klub Joko Susanto untuk mencetak atlet-atlet handal dan berprestasi, jadi penyulut.

Itu terlihat sampai saat ini. Meski di bulan suci Ramadhan dimana ada sejumlah atlet yang melakukan ibadah puasa, agenda latihan tetap dijalankan. Seluruh atlet berlatih seperti biasanya. Misalnya, untuk hari Senin, Rabu dan Jumat untuk atlet putra. Selanjutnya, hari Selasa, Kamis dan Sabtu untuk atlet putri.

Pun begitu, antusiasme para atlet sangat besar. Seperti disampaikan Rasya, Eizky, Edo dan Daffa saat ditemui liputankawanua.com disela-sela latihan di Gelanggang Olahraga (GOR) BJE Sulut. Mereka mengaku tetap menjalankan puasa. Latihan saat puasa, menurut mereka, tidak mengganggu.

“Kami tetap rutin berlatih sekalipun tetap menjalankan ibadah puasa dan tidak menggangu jalannya ibadah yang kami lakukan,” ujar atlet-atlet masa depan bumi Nyiur Melambai itu.

Hal senada dikatakan trainer BJE Sulut Sudirman Yunus yang akrab disapa Bol Thomas. Pada bulan Ramadhan, atlet yang menjalankan ibadah puasa tetap berlatih. “Tapi mereka sangat antusias. Saya yakin, mereka pasti sukses ke depannya,” imbuh pelatih senior bola voli Sulawesi Utara ini.(*)