Tondano,- Ajang bergengsi Minahasa Karate Open Tournament 2024 memperebutkan Piala Bupati Minahasa DR Jemmy Stani Kumendong MSi, di depan mata. Jelang iven akbar ini, berbagai persiapan dijabal panitia pelaksana.

Demikian Ketua Panitia Markus Linelejan SE kepada wartawan, Rabu (18/09/24) di Tondano.

Karateka handal Sulawesi Utara (Sulut) yang sempat menjadi atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) utusan Jawa Timur (Jatim) ini bilang, persiapan jelang kejuaraan terus dilakukan panitia.

Selain teknis pertandingan, panitia sementara memantapkan lokasi pelaksanaan hingga proses pendaftaran peserta.

“Sejauh ini sudah ada beberapa kontingen yang mendaftar. Luar biasa antusias dari Dojo serta perguruan karate yang menyatakan ikut serta menyukseskan kejuaraan ini. Terima kasih supportnya,” aku Linelejan didampingi sejumlah panitia, antara lain Marini Kuhon SP, Okta Mamahani, Fani Lengkey, Jeavy Lensun hingga Theo Paoki SPd.

Bagi Linelejan, ‘mimpi’ panitia agar iven ini megah, profesional dan spektakuler. Makanya, segenap sumber daya yang dimiliki panitia terus dimaksimalkan.

Selanjutnya, Linelejan menerangkan, kejuaraan ini meliputi kelas turnamen dan festival.

“Diharapkan untuk yang akan mendaftar biasa langsung mengakses link yang sudah dibagikan panitia atau menghubungi panitia langsung. Apalagi, bagi kelas festival pesertanya akan dibatasi. Makanya lebih cepat lebih baik untuk proses pendaftaran,” tandas karateka sabuk hitam Dan IV.

Ditambahkan Bendahara Panitia Marini Kuhon SP, peserta kali ini bukan hanya datang dari wilayah Sulut. Sebab, ada juga dari beberapa daerah di luar bumi Nyiur Melambai.

“Ada beberapa kontingen dari daerah Maluku, Gorontalo bahkan dari Bali dan Jawa. Mereka sudah menghubungi panitia,” rinci Kuhon.

Terkait akomodasi atlet, tambah dia, panitia berencana menyiapkan tempat di sekitar lokasi kegiatan.

“Untuk lokasi pelaksanaan di Gedung Wale Ne Tou. Jadi, panitia juga berencana menyiapkan tempat yang representatif di sekitar gedung. Artinya, yang dekat dengan lokasi pelaksanaan. Kita buat atlet dan official betah di Tondano selama iven berlangsung,” kunci Sekretaris Lemkari Kabupaten Minahasa itu.

Seperti diketahui, Minahasa Karate Open Tournament memperebutkan Piala Bupati Minahasa akan dihelat tanggal 4-6 Oktober 2024 di Gedung Wale Ne Tou Minahasa. Kejuaraan ini mendapat dukungan dari Bupati serta jajaran Pemkab Minahasa.