Tokoh  

Profil James Arthur Kojongian, Wakil Ketua DPRD Sulut yang Diduga Aniaya Wanita

Profil James Arthur Kojongian, Wakil Ketua DPRD Sulut yang Diduga Kasus Aniaya Wanita
James Arthur Kojongian, Wakil Ketua DPRD Sulut, yang diduga melakukan kasus penganiayaan terhadap seorang perempuan bernama Dinda

TOKOH,- Nama politisi muda Sulawesi Utara (Sulut) James Arthur Kojongian ST MM, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara (Sulut), kembali ramai diperbincangkan masyarakat.

Kasus

Masih hangat diperbincangkan masyarakat, pasca tersandung kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), yang terjadi di Kota Tomohon, Januari 2021 lalu, kini James diduga melakukan penganiayaan terhadap perempuan.

Dugaan penganiayaan itu, viral di media sosial, Minggu (9/4) malam. Beredar di WhatsApp, video mirip James Arthur Kojongian, sedang cekcok dengan seorang perempuan.

Kasus James Kojongian itu, video viral berdurasi 50 menit. Diawali dengan kolase foto JAK (sapaan akrab James), Michaela Paruntu, dan Angel Sepang. Di bawah foto, ada tulisan ‘DILAPORKAN KASUS PENGANIAYAAN OLEH WANITA BERINISIAL ANW INI KATA JAMES ARTHUR’.

Video itu kemudian memperlihatkan seorang lelaki berkaos hitam dengan celana pendek biru di sebuah ruangan. Lelaki itu mirip James Arthur Kojongian yang adalah Wakil Ketua DPRD Sulut tersebut.

“Kamu berapa kali mukul aku hari ini? Berapa kali mukul hari ini?” ujar si perempuan yang belum diketahui identitasnya tersebut. “Jangan gitu,” jawab lelaki yang diduga JAK, dalam video itu.

Lelaki mirip JAK, di dalam kamar. Dari luar, si perempuan masih merekam JAK. “James Arthur Kojongian. Wakil ketua DPRD. Iya aku bawa piso. Kamu tampar-tamparin kan? Kamu gampar-gamparin kan orang lagi tidur,” kata wanita itu dengan suara tangis.

Lelaki mirip JAK lalu terdengar membuat suara meminta si perekam diam. “Pisaunya taruh dulu pisaunya,” katanya. “Terus kamu namparin aku lagi?” sambung wanita sambil merekam.

“Enggak pisonya taruh dulu tolong,” jawab JAK. “Aku udah bilang ini buat self defence,” kata perempuan itu lagi. “No pisaunya taruh dulu,” potong JAK.

Perempuan itu kembali menuturkan dia ditampar saat sedang tidur. “Udah tenang dong. Ini udah di dalam nih,” ujar JAK menenangkan si perempuan

Video kemudian dilanjutkan dengan rekaman suara diduga JAK. “Kita ini anggota DPR, ya bilang. Ngga ada yang berani sama kita, ya, ok. Lu bilang ama mereka tangkap gua, kalau lu anggap mereka jago,” katanya.

James Arthur Kojongian, ketika dikonfirmasi wartawan mengenai hal tersebut mengatakan, bahwa ia tidak melakukan penganiayaan. “Tidak ada penganiayaan,” singkat James.

Sebelumnya, JAK menghebohkan publik atas kasus KDRT. Orang ketiga disebut-sebut dalang dari kasus yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara. Dalam kejadian itu, JAK menyeret istri sahnya Michaela Elsiana Paruntu dengan kendaraan bermotor polisi DB 1513 BJ.

James Arthur Kojongian saat itu diduga bersama selingkuhannya yang sempat heboh bernama Angelica Sepang, wanita muda asal Kota Tomohon. Masyarakat di tempat kejadian sempat merekam kejadian, saat James menyeret istrinya dengan mobil.

Video kejadian itu pun dibagikan oleh ribuan akun media sosial dan sempat viral hingga menjadi perbincangan masyarakat di tanah air pada waktu yang lalu.

Profil James Arthur Kojongian

James Arthur Kojongian adalah seorang politisi Partai Golongan Karya (Golkar). Dia memulai karir politiknya di Kabupaten Minahasa dengan maju pada Pemilihan Calon Legislatif. Di daerah pemilihan Tombariri, Pineleng dan Tombulu saat itu, JAK yang kala itu masih berusia 20 Tahun berhasil terpilih dan duduk sebagai Anggota DPRD Kabupaten Minahasa periode 2009-2014. 

Berkiprah di dunia politik saat itu, pria kelahiran Samarinda, 29 April 1984 ini pun terbilang politisi muda yang sangat berbakat. Berbagai kepentingan masyarakat pun ia perjuangkan kala duduk di DPRD Minahasa. Melihat itu, dia pun dipercayakan menjabat Bendahara DPD II Golkar Minahasa saat itu.

Dua tahun setelah menjadi anggota DPRD Kabupaten Minahasa di periode pertamanya, JAK menikahi dr Michaela Elsiana Paruntu MARS, anak dari mantan Rektor Unsrat Joppi Paruntu dan politisi senior Golkar Jeny Johana Tumbuan.

Micha Paruntu atau MEP sapaan akrab istrinya, juga adalah adik kandung dari Bupati Minahasa Selatan periode 2010-2015 dan 2016-2021, Dr Christiany Eugenia Paruntu MAP atau Tetty Paruntu yang diketahui merupakan Ketua DPD I Golkar Sulut.

Dari pernikahan James dengan wanita cantik kelahiran Nottingham Inggris, 1 Oktober 1982, yang saat menikah menyandang gelar Noni Sulawesi Utara dan berprofesi sebagai seorang dokter mendapatkan dua orang anak, Joshua dan Johana Adlein Kojongian. Sayangnya, Johana Adlein anak bungsu JAK dan MEP ini meninggal dunia.

Usai menjalankan tugas sebagai DPRD Minahasa Periode 2009-2014, dirinya kembali maju dan berhasil duduk kembali sebagai anggota DPRD Minahasa Periode 2014-2019. Saat itu James Arthur Kojongian berhasil meraih 4.504 suara. Dirinya pun tercatat sebagai peraup suara terbanyak pada Pilcaleg Minahasa 2014 tersebut.

Karir politik adik ipar Ketua DPD I Golkar Sulut, Dr, Christiany Eugenia Paruntu MAP atau Tetty Paruntu yang diketahui merupakan Bupati Minahasa Selatan periode 2010-2015 dan 2016-2021, kian melejit. Duduk di bangku DPRD Kabupaten Minahasa dua periode menjadi modal besar seorang JAK.

Perjalanan di dunia politik pun terus dilalui James Arthur Kojongian. Usai dipercaya masyarakat Minahasa sebagai anggota DPRD, dirinya tak lagi maju di DPRD Minahasa. Namun maju pada skala yang lebih besar lagi di Pilcaleg DPRD Sulut 2019. Dia pun berhasil meraup 34.592, suara terbanyak dari partai Golkar di Dapil V, Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan.

James Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara

Kelihaian seorang JAK dalam berorganisasi memang harus diakui. Berbagai jabatan baik dalam organisasi gereja maupun kepemudaan dipercayakan kepada suami tercinta dr Michaela Elsiana Paruntu MARS ini.

Sebelum duduk di DPRD Sulut, dirinya sudah dipercayakan sebagai Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Sulawesi Utara.

Bahkan saat ini James Arthur Kojongian masih tercatat sebagai Ketua Harian DPD I Golkar Sulut, hingga duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut. Dirinya juga kini menjabat sebagai Ketua Wushu Sulut.

Selain jabatan yang masih didudukinya saat ini, ia juga menjabat sebagai penasehat Fraksi Partai Golkar dan Koordinator Komisi III. James Arthur Kojongian juga pernah menjabat sebagai Bendahara DPD I Golkar Sulawesi Utara.

Kekayaan

Dari informasi, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara itu juga merupakan salah satu pengusaha sukses. Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), James Arthur Kojongian memiliki harta kekayaan sejumlah Rp 4.755.000.000.

Tanah dan bangunan miliknya merupakan sebagian besar harta kekayaannya sejumlah Rp 3.000.000.000. James memiliki tanah dan bangunan seluas 548 m2/185 m2 di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Tercatat juga, James Arthur Kojongian memiliki kendaraan senilai Rp 755.000.000. Rinciannya, mobil merek Toyota Innova Tahun 2018 bernilai Rp 425.000.000 dan mobil Toyota Innova G 2.0 A/T Tahun 2019 seharga Rp 330.000.000.

Selain itu, James Arthur Kojongian, aset yang dimiliki olehnya adalah kas dan setara kas yang berjumlah Rp 2.650.000. Namun, anggota mantan anggota DPRD Minahasa itu juga memiliki hutang sebesar Rp 1.650.000.000.

James Arthur Kojongian Sekarang

Pasca masalah keluarganya viral lalu, James sempat dilaporkan ke Polda Sulut dan diadili oleh Badan Kehormatan DPRD Sulawesi Utara. Imbas dari itu, dirinya diberhentikan sementara dari Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara.

Karir politik James yang sempat jatuh lantaran dugaan kasus KDRT pun kian membaik. Belakangan ini, meski sempat dicopot partai dari jabatannya sebagai Ketua Harian DPD Golkar Sulut. Namun, usai berproses di DPP Golkar, jabatannya dikembalikan. Saat inipun Golkar mendesak untuk DPRD Sulut untuk mengembalikan jabatannya sebagai Wakil Ketua.

Permasalahan dalam keluarga yang sempat retak pun sempat dikabarkan membaik. Dari informasi, James Arthur Kojongian bersama istrinya saat ini hidup bahagia bersama anaknya.

Namun, nama James Arthur Kojongian saat ini kembali heboh, lantaran video mirip dengannya viral di medsos.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *