Tokoh  

Profil Caroll Senduk, Walikota Tomohon Periode 2021-2024

Profil Caroll Senduk, Walikota Tomohon Periode 2021-2024
Caroll Senduk, Walikota Tomohon Sekarang

TOKOH Kawanua, – Sosok Caroll Senduk atau Caroll Joram Azarias Senduk SH, yang saat ini menjabat Walikota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut).

Caroll Joram Azarias Senduk, adalah Putra Bupati Minahasa periode 1993-1998, Drs. Karel Lasut Senduk.

Caroll Senduk

Caroll Joram Azarias Senduk, saat ini adalah politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) perjuangan yang tinggal di Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon.

Ia adalah seorang pengusaha sukses. Dari data yang diperoleh, Caroll adalah Direktur PT. Guna Alam Sulawesi.

Tahun 2010, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk berpasangan dengan El Paat, maju di Pilkada Tomohon dari jalur perseorangan.

Namun dirinya harus menelan pil pahit setelah kalah dari pasangan Jefferson SM Rumajar dan Jimmy Feidie Eman saat itu.

Ia pun maju mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) pada Pemilu 2014. Keluar sebagai Caleg, Caroll gencar bersosialisasi.

Sebagai figur populis yang dipercaya mampu membawa aspirasi masyarakat, Caroll Joram Azarias Senduk pun terpilih sebagai anggota DPRD Tomohon.

Dia pun dilantik sebagai anggota DPRD Tomohon periode 2014-2019. Jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon pun dipercayakan kepadanya saat itu.

Kesempatan untuk maju sebagai Calon Walikota Tomohon kembali muncul di Pilkada Tomohon 2015. Sayangnya Caroll kalah bersaing memperebutkan tiket maju Pilkada lewat PDI Perjuangan.

Meski berstatus sebagai Ketua PDI Perjuangan saat itu, Ia gagal jadi kontestan setelah tiket sebagai calon digenggam Johny Runtuwene-Vonny Paat.

Karir politik Caroll Joram Azarias Senduk pun terus berjalan. Kesempatan Caroll untuk maju sebagai Calon Walikota Tomohon akhirnya datang di Pilkada 2020.

Di pilkada itu, PDIP memercayakannya maju berpasangan dengan Wenny Lumentut. PDIP saat itu berkoalisi dengan Partai Gerindra.

Visi dan Misi suami tercinta Jean D’Arc Florentia Karundeng tersebut, menjadi modal besar dan dipercaya rakyat untuk memajukan Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Sekarang

Caroll senduk dan Wenny Lumentut Dilantik Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tomohon Periode 2021-2024

Caroll Senduk pun akhirnya terpilih sebagai Walikota didampingi, Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut periode 2021-2024, usai direstui ribuan masyarakat Tomohon.

Dalam Pilkada 2020 yang lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menetapkan Caroll Joram Azarias Senduk SH sebagai Wali Kota Tomohon dengan perolehan 43.611 suara.

Bersama Wenny Lumentut, Caroll Senduk pun dilantik sebagai Walikota Tomohon pada 26 Februari 2021, dan aktif menjabat Walikota hingga saat ini.

Kekayaan

Sebelum Pilkada 2020 lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi merilis Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para calon kepala daerah di Sulawesi Utara, Rabu (4/11/2020) malam.

Tercatat, harta kekayaan Caroll Senduk yang Terverifikasi dalam LHKPN sebanyak Rp 35.660.696.670.

Sebuah angka kekayaan yang wajar bagi Walikota Tomohon yang sementara aktif saat ini.

Sebab, Caroll Senduk memiliki berbagai bisnis. Termasuk mempunyai beberapa SPBU yang tersebar di Sulawesi Utara.

Biodata Caroll Senduk

Caroll lahir di Malang 20 Januari 1968. Ia menikah dengan Jean D’Arc Florentia Karundeng, dan dikaruniai 7 orang anak.

Ia adalah anggota DPRD Tomohon periode 2014-2019 dan terpilih kembali di Pilcaleg 2019. Nun dirinya harus mengundurkan diri di Tahun 2020 karana maju di Pilkada Tomohon.

Riwayat Pendidikan, Caroll adalah D4/S1 lulusan Fakultas Hukum, Universitas Sam Ratulangi Manado Tahun 1995.

Ia lulus SMA pada Tahun 1988 di SMA Negeri 1 Manado. Lulusan SMP Katolik Don Bosco Bitung 1995 dan lulus di SD Katolik 11 Don Bosco Bitung pada Tahun 1982.

Dalam berorganisasi, Caroll mempunyai berbagai pengalaman. Termasuk sebagai Ketua Partai PDI Perjuangan.

Belum lama ini, usai terpilih sebagai Ketua PKB Jemaat GMIM Pniel Kakaskasen, dan Penatua PKB Wilayah Kakaskasen, dia dipercaya sebagai Ketua PKB Rayon Tomohon.

Selain itu, Caroll juga dipercaya sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tomohon.

Dipercayakan memimpin Pemerintah Kota Tomohon, Caroll sudah memperoleh berbagai penghargaan. Salah-satunya adalah pemberian penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK.

Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan Caroll Senduk dalam pengelolaan keuangan Pemkot Tomohon, pada Tahun 2021. Ada juga beberapa penghargaan seperti Kita Tomohon sebagai Kota Layak Anak.

Saat ini, Caroll Joram Azarias Senduk sementara menjabat Walikota Tomohon. Visi dan Misi yang dijanjikan semasa mencalonkan diri lalu sementara ditunggu masyarakat untuk dipenuhi.

Komitmen Perubahan untuk Kota Tomohon pun sementara dinanti rakyat Kota Religius ini. Dari informasi rolling pejabat dalam waktu dekat akan dilakukan Caroll.

Jika terpenuhi, pasti akan menjadi modal besar untuk Caroll maju kembali di Pilkada Tomohon 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.