SORONG, – Sayap Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK), kian mengepak. Terbaru, perkumpulan yang mengedepankan semangat Mapalus itu, menjalar di salah satu wilayah bumi Cenderawasih yakni Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Itu ditandai dengan pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Kerukunan Keluarga Kawanua Provinsi Papua Barat Daya periode 2023-2028, Sabtu (15/07/23) di Drei Kinder Hall, Jalan Sungai Maruni Km 10 Masuk, Kota Sorong.

Acara yang berlangsung secara adat dipimpin Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KKK, Angelica Tengker SPi. Merujuk struktur yang dikeluarkan DPP, KKK Provinsi PBD dipimpin Ketua Lexie Durimalang, SE MM, Sekretaris Nixen W Lintang, SSi MPd dan Bendahara Ellen Tambani.

Kepada Durimalang Cs, Tengker berpesan supaya tatap kompak, rukun dan terus mengedepankan semangat kebersamaan.

“Selanjutnya, mendukung program pemerintah dalam pembangunan. Selalu baku bae, baku bantu dan tetap rukun,” harap Tengker.

Kemudian, Tengker memuji panitia pelaksana kegiatan, seluruh warga kawanua dan pengurus lewat pemberian diri dan kontribusi di KKK. Diketahui, kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke-50 KKK.

Durimalang-Lintang Sah Pegang Mapatu KKK Papua Barat Daya, Tengker Beri Apresiasi
Penyerahan tongkat komando

Agenda kian semarak dengan digelarnya pagelaran budaya kolaborasi tarian lokal dan tarian khas Minahasa. Tarian lokal menjadi tarian selamat datang “Tombelo” dari sanggar Nani Bili dan tarian khas Minahasa dari pemuda pemudi kawanua seperti tari lenso, katrili, maengket dan kabasaran.

Ikut memeriahkan grup kolintang Kawanua Papua Barat Daya. Acara dijaga dan dikawal Satgas Kawanua Papua Barat Daya.

Hadir dalam pelantikan, Bupati Raja Ampat yang juga Ketua Dewan Kehormatan DPW KKK Papua Barat Daya Abdul Garis Umlati SE, juga ipar dari tou Kawanua serta undangan lainnya seperti unsur Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Penjabat Gubernur PBD berhalangan hadir karena sementara mempersiapkan kunjungan wakil presiden (Wapres) di Kota Sorong.

Sebelumnya, tamu dari DPP KKK dijemput pada Sabtu pagi. Mereka menggunakan pesawat Garuda rute Jakarta-Sorong. Penjemputan dengan tarian kabasaran.

Simbolisasi penerimaan tamu kehormatan dengan pemakaian topi khas Papua dan penggantungan noken oleh Ketua DPW KKK Lexie Durimalang, SE MM kepada Ketum DPP KKK Angelica Tengker SPi, dan berturut-turut kepada Sekjen dan Wakil Ketua Umum.

Untuk tamu dari DPP KKK diantaranya, Ketum Angelica BJ Tengker, Wakil Ketua Umum Michael Lakat, Sekjen Teichi WL Kolopita, Ketua BPOKK Ifan W Pioh, Sekretaris BPOKK Nobby B Wowor, Wakil Ketua Bidang Perlindungan dan Lelestarian Nilai Adat Minahasa Jursy Mewengkang serta Wakil Ketua Bidang Kepemudaan Ralf A Hahijary.

Sekretaris DPW KKK PBD, Nixen W Lintang, SSi MPd, bersyukur karena proses pelantikan berjalan dengan baik. Lintang berterima kasih kepada pihak DPP serta seluruh panitia yang sudah bekerja maksimal dalam mempersiapkan kegiatan pelantikan.

“Puji syukur kepada Opo Empung Kasuruan Wangko, Kerukunan Keluarga Kawanua boleh hadir di propinsi termuda Provinsi Papua Barat Daya,” terang jebolan terbaik Universitas Negeri Manado (Unima) itu.

KKK PBD, lanjut putra Ritey ini, sangat istimewa. Hadir dan lahir pada tahun emas karena perayaan 50 tahun KKK.

“Proses yang panjang dilalui dengan menerima mandat pembentukan DPW saat MPA IX di Jakarta. Dan waktu itu, Provinsi Papua Barat Daya belum lahir. Sorong masih bagian wilayah Provinsi Papua Barat. Sehingga proses pembentukan DPW KKK masih dipending,” urainya.

Dengan ditetapkannya UU nomor 29 tahun 2022 tentang pembentukan Provinsi Papua Barat Daya pada 8 Desember 2022, maka Komunikasi sebagai penerima mandat dengan DPP dalam hal ini BPOKK, semakin intens.

“Puji Tuhan, hari ini Sabtu 15 Juli 2023 pelantikan dan pengukuhan DPW K3 dapat terlaksana. Puji Tuhan,” lugasnya.