BITUNG,- Tekad Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Walikota (Wawali) Hengky Honandar SE mewujudkan pemerintahan yang bersih, terus menyala.

Komitmen itu dibuktikan dengan pencanangan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Selasa (29/08/23).

Saat melakukan pencanangan, Walikota Maurits didampingi Wawali Hengky menjelaskan, pembangunan zona integritas terinspirasi dari konsep ‘Island Of Integrity’, yang merupakan praktek lebih jauh dari eksistensi pengembangan keilmuan administrasi publik dan tata kelola pemerintahan.

Island of integrity merupakan suatu kondisi dimana unit kerja instansi pemerintah yang ‘imun’ dan mampu memberikan tata kelola yang terbaik, meskipun instansi pemerintah di sekitarnya didominasi oleh manajemen dan tata kelola yang buruk.

“Untuk itu, menciptakan kinerja organisasi yang bebas korupsi merupakan dampak sekaligus tujuan utama dari pelaksanaan Island Of Integrity,” terangnya.

Lebih jauh, Maurits mengingatkan, untuk mewujudkan zona integritas ini, tidak hanya dengan kalimat saja. Tetapi harus dieksekusi agar zona integritas berjalan sesuai dengan harapan bersama untuk menciptakan lingkungan yang bebas korupsi.

Kegitan digelar di Ruang SH Sarundajang dan dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kota Bitung.