BOLMUT,- Ribuan bibit Rica ditanam oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dibawah pimpinan Penjabat Bupati Sirajudin Lasena di Kecamatan Pinogaluman. Penanaman bibit Rica di Kebun PKK 4 desa turut melibatkan masyarakat dan pemerintah kecamatan.

“Jangan hanya ditanam, tapi harus dirawat juga agar rica ini bisa menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Sirajudin usai melakukan penanaman bibit rica di kebun PKK Desa Buko, Kecamatan Pinogaluman, Senin (23/1).

Bibit rica yang ditanam disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, sementara untuk lahan milik masyarakat di desa masing-masing. Di Kecamatan Pinogaluman ada 4 desa yang telah ditanami bibit rica, yakni Desa Tontulow, Tombulang Timur, Buko, dan Dalapuli Timur.

Sarwan Abidin, Camat Pinogaluman mengungkapkan program menanam rica di daerahnya akan digalakkan di semua desa yang ada.

“22 desa yang ada di Pinogaluman akan ditanami rica semua, kini baru 4 desa yang sudah ditanami dan pasti akan sangat membantu masyarakat ketika sudah menghasilkan,” ungkapnya.

Jusnan Mokoginta, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mengatakan gerakan menanam yang digalakkan pemerintah, sangat membantu untuk mengendalikan inflasi. Dari tahun ke tahun inflasi mengalami penurunan secara nasional, misalnya pada tahun 2022 inflasi diangka 6 persen, dan pada akhir tahun 2023 turun menjadi 2,86 persen.

“Januari tahun 2024 inflasi turun lagi menjadi 2,61 persen. Ini harus kita pertahankan sebab dapat membantu menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok dan peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya. (*)