TOKOH,- Sirajudin Lasena, adalah birokrat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang saat ini dipercayakan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Ia dilantik Gubernur Olly Dondokambey bersama Penjabat Bupati dan Walikota di beberapa daerah lainnya di Sulut, Senin (25/09/2023), di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut.

Dilansir dari sulutnews.com, jabatan PJ Bupati Bolmut dipercayakan kepada Sirajudin Lasena lantaran dinilai memegang komitmen, untuk Bolmut.

Profil Sirajudin Lasena

Sirajudin Lasena, merupakan putra Bolmut yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Utara.

Sirajudin menjadi alternatif solusi yang paling memungkin sejalan dengan harapan rakyat Bolmut.

Keyakinan akan kemampuan Sirajudin ini bukan sekadar opini. Ia memiliki latar belakang memimpin organisasi dan birokrasi.

Hal lain yang tak kalah urgen adalah kemampuannya mengatasi berbagai persoalan kompleks serta berpengalaman mengatur keuangan daerah.

Bila menyimak catatan singkat kebelakang, perjalanan hidup putra bernama lengkap Sirajudin Lasena SE M.Ec Dev, memang cukup menarik.

Kisah hidupnya memiliki hikmah tersendiri dalam semangat perjuangan mengabdi dan menempuh karir dengan cara yang tidak instan.

Pria yang akrab di sapa Udin itu, terlahir di Boroko pada tanggal 8 Januari 1975 dari keluarga sederhana.

Ayahnya adalah imam besar masjid almarhum Ismet Lasena dan almarhumah ibu Dariman Lauma. Ia merupakan anak kedelapan dari sembilan bersaudara.

Pendidikan Sirajudin Lasena, Pj Bupati Bolmut

Sirajudin Lasena pertama kali mengenyam pendidikan Sekolah Dasar SD Negeri IV Boroko dan Pendidikan Menengah Pertamanya SMP Negeri 1 Kaidipang.

Di usia yang masih remaja, ia kemudian memutuskan merantau ke Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk melanjutkan studi hingga selesai Pendidikan Sekolah Menengah Atas di SMEA Negeri Palu pada tahun 1995.

Sirajudin yang haus akan ilmu pengetahuan terus melanjutkan studinya dengan mengambil konsentrasi ilmu akuntansi di Sekolah Ilmu Ekonomi Panca Bhakti Palu hingga tamat pada tahun 2002.

Studi magisternya kemudian diselesaikan di Universitas Gajah Mada pada tahun 2013. Tahun 2023 ini, Sirajudin Lasena merupakan salah satu kandidat doktor administrasi publik di Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Tokoh

Ia berperan penting sebagai konseptor yang menyusun dokumen dan ide-ide pergerakan hingga terjun di barisan akar rumput demi menggerakkan kaum muda agar terlibat aktif berjuang bersama presidium dan rakyat Bolmut.

Pada masa-masa itu, pengorbanan tenaga, waktu dan pikiran telah dicurahkannya untuk sebuah harapan rakyat hingga akhirnya tujuan mulia pemekaran Kabupaten Bolmut dapat tercapai. Bolmut sukses terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 10/2007.

Jiwa kepemimpinan Sirajudin Lasena beserta sepak terjangnya yang begitu semangat mendedikasikan diri untuk kerja-kerja sosial, sebetulnya sudah muncul sejak berada di lingkungan pendidikan.

Ia terbiasa mengabdikan diri untuk urusan keorganisasian dan kemasyarakatan, serta memiliki kecintaan yang besar terhadap ide-ide pembangunan.

Di dunia kampus, Sirajudin kerap tampil menjadi tokoh mahasiswa yang paling aktif, baik dalam kegiatan akademik maupun nonakademik.

Jiwa Kepemimpinan

Dinamika kehidupan perguruan tinggi yang dilaluinya sebagai sebuah lahan yang menyuburkan benih-benih kepemimpinan yang terpendam dalam karakter dan jati dirinya yang sesungguhnya.

Ada begitu banyak organisasi yang sempat menjadi tempat bagi Sirajudin untuk menimba ilmu, mengasah kemampuan dan mengaktualisasikan diri dalam pengabdian. Saat di sekolah menangah atas, Sirajudin penah menjadi Ketua OSIS.

Antara tahun 1998-1999, ketika Indonesia berada dalam ketegangan peralihan dari fase orde baru menuju reformasi, Sirajudin termasuk salah satu penggerak mahasiswa dan menjabat pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di kampus STIE.

Setahun setelah itu, ia menduduki posisi Ketua Umum Badan Perwakilan Mahasiswa atau BPM. Pada saat yang sama, ia menjadi kader aktif Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Selanjutnya, Sirajudin diangkat kaula muda menjadi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Pada tahun 2015, ia dipercaya sebagai Majelis Pertimbangan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan sejak tahun 2016 tercatat sebagai anggota presidium KAHMI.

Ketua PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) Cabang Bolmut (Bolaang Mongondow Utara) peride 2022–2025.

Sirajudin Lasena Birokrat Handal

Dalam dunia birokrasi, Sirajudin mulai dikenal saan menjabat Kepala Seksi Anggaran dan Verifikasi di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Bolmut.

Banyak rekannya menilai, Sirajudin termasuk pegawai yang paling cermat memastikan tidak ada kesalahan dalam dokumen anggaran.

Berkat kesungguhan bekerja dengan disiplin dan penuh dedikasi itu, karirnya pun menanjak mulus.

Tak lama setelah itu, masih dengan dinas yang sama, ia diangkat kepala bidang akuntansi dan kemudian menempati posisi sekretaris.

Pada tahun 2019, Bupati Depri Pontoh memposisikannya sebagai Kepala BPKAD.

Selama memimpin dinas yang membidangi keuangan daerah ini, Sirajudin menjadi aktor krusial sepanjang siklus APBD Bolmut.

Komitmennya dalam upaya mewujudkan good and cleand government berhasil mengantarkan Pemerintah Kabupaten Bolmut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Terhitung sejak Sirajudin berada di BPKAD hingga tahun 2022, Bolmut sudah tujuh kali berturut-turut meraih opini WTP.

Juli 2023, Sirajudin dilirik Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan ditempatkan sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Utara.

Kemampuan manajerial yang baik dalam memimpin SKPD serta kecakapan akademiknya adalah alasan bagi Olly untuk menempatkan Sirajudin di jajaran pemerintahannya.

Bupati Bolmut

Setelah Pemerintahan Bupati Depri Pontoh menuntaskan masa jabatannya, tugas yang lebih besar pada akhirnya memanggil Sirajudin Lasena untuk memimpin Bolmut, kampungnya.

Tugas utama seorang penjabat bupati sesuai Peraturan Mendagri Nomor 4/2023 tentang pengangkatan penjabat kepala daerah lebih rumit lagi.

Selain memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan publik, ia bertanggungjawab memfasilitasi persiapan dan pelaksanaan pemilu serentak 2024

hingga memastikan pesta demokrasi lima tahunan itu berlangsung aman, demokratis, jujur dan aparatur pemerintahannya menunjunjung tinggi asas netralitas.

Tentu saja, masyarakat memberikan dukungan kepada Sirajudin Lasena agar mampu menjalankan tugas-tugas itu dengan maksimal.