Minut,- Kabupaten Minahasa Utara (Minut) akhirnya resmi miliki Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setelah dilantik, Selasa (2/4/2024) siang.

Pengurus PWI Minut periode 2024-2027 dilantik Ketua PWI Sulut, Drs Voucke Lontaan di JG Center, yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) PWI Sulut.

Usai pelantikan, Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan mengingatkan kepada jajarannya terkait peran dan fungsi Pers dalam menjalankan tugas.

“Wartawan tugasnya memberikan informasi yang bersifat edukasi atau mendidik masyarakat. Kita punya kode etik,” tegas Voucke.

Ia juga mengingatkan soal fungsi kontrol wartawan dalam menjalankan tugas. “Wartawan punya peran penting dalam menjembatani informasi dari pemerintah ke masyarakat, atau sebaliknya,” terangnya.

“Saat ini, di Sulut ada kurang lebih 800 anggota PWI. Dan, sudah sekitar 60 sampai 70 persen sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” beber Ketua PWI Sulut dua periode itu.

Selanjutnya, kata dia, UKW sangat penting bagi jurnalis. Sebab, selain untuk meningkatkan skill, juga untuk menjadikan wartawan lebih profesional dalam menjalankan tugas.

“Pada prinsipnya, PWI ingin semua wartawan yang tergabung di organisasi ini semakin profesional dengan selalu melihat rambu-rambu. Juga menjadikan kode etik jurnalistik sebagai pedoman utama,” jelasnya.

Voucke mengucapkan selamat kepada pengurus PWI Minut yang baru dilantik. Menurutnya, pembentukan pengurus di Minut adalah yang terakhir.

“Hari ini adalah momen penting. Karena, tugas kita PWI Sulut dalam pembentukan kepengurusan di Kabupaten Kota sudah selesai. Sudah terbentuk di seluruh daerah. Banyak selamat, jangan lupa jaga marwah organisasi,” tukasnya.

Sementara, Bupati Joune JE Ganda dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kominfo Minut, Robby Parengkuan, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

“Informasi yang disampaikan haruslah benar-benar sesuai fakta di lapangan. Harus di-cross ceck kebenaran informasi, baru dipublikasikan,” harapnya.

Kemudian, di momen HPN ini, ia berharap Pers menjadi dewasa serta bisa menjawab kebutuhan akan Informasi publik. Selain itu, tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi.

“Sampaikan fakta-fakta, bukan mengabarkan asumsi-asumsi dan opini, yang seolah-olah ada dan benar,” pintanya.

Berikut nama-nama Pengurus PWI Kabupaten Minut:

  • Ketua: Raymond Wowor
  • Sekretaris: Swedy Pongoh
  • Bendahara: Rommy A. Rorong

Selain Ketua, Sekretaris dan Bendahara, dilantik juga pengurus di bidang-bidang serta anggota.

Usai pelantikan pengurus, dilanjutkan dengan Focus Group Discusion (FGD) sehubungan dengan jurnalis dan peran jurnalis.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya unsur Forkopimda, sejumlah kepala sekolah dan hukum tua.