TOMOHON,- Polda Sulawesi Utara (Sulut) melakukan penyegaran jabatan, di lingkup Polres Tomohon. Serah terima jabatan (Sertijab) pun dilaksanakan, Senin (27/5/2024), di Mapolres Tomohon.

Sejumlah Pejabat Utama (PJU) dimutasi. Jabatan yang disegarkan yakni, Waka Polres, Kabag Ops, Kasat Samapta, Kasat Resnarkoba, Kasi Propam, Kapolsek Tomohon Selatan, Kapolsek Tombariri serta pelantikan Kasat lantas dan Kasi Kum Polres Tomohon.

Kapolres Tomohon, AKBP Lerry Tutu SIK MM, mengatakan, pelaksanaan sertijab dan pelantikan dalam jabatan di lingkungan Polres Tomohon itu berdasarkan, Surat Keputusan Kapolda Sulut nomor : KEP/256/V/2023 tanggal 06 Mei 2024 tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan Perwira di lingkungan Polda Sulut.

Selanjutnya, surat telegram Kapolda Sulut nomor : ST/197/V/KEP./2024 tanggal 06 Mei 2024 tentang pemberitahuan dari dan pengangkatan dalam jabatan perwira di lingkungan Polda Sulut, dan ditindaklanjuti surat perintah Kapolres Tomohon nomor : Sprin/667/V/KEP./2024 tanggal 21 Mei 2024.

“Mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dilakukan di lingkungan organisasi Polri. Dimana, mutasi ini bertujuan untuk menjaga dinamika operasional dan penyegaran proses manajerial organisasi dalam melaksanakan misi untuk mencapai visi yang telah ditetapkan organisasi,” beber Lerry.

Ia pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian selama ini.

“Kepada pejabat baru agar laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Menyampaikan apa yang menjadi program kebijakan Kapolda Sulut dan atensi Kapolda pada saat GO TW 1 agar dilaksanakan secara optimal,” ujarnya.

Dikatakan, tidak lama lagi Polres Tomohon akan menghadapi pengamanan Pilkada yaitu Pemilihan Gubernur Sulut, Walikota Tomohon dan Bupati Minahasa. “Laksanakan tugas dengan baik dan jaga netralitas,” tegasnya.

“Saya berharap, dengan adanya serah terima jabatan ini, dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam menjaga stabilitas kamtibmas yang ada, khususnya di wilayah Hukum kita,” pungkas Kapolres.

Berikut pejabat Polres Tomohon yang dimutasi:

  1. Waka Polres Tomohon:
    Kompol Parura Amping S,Th kini dipercayakan sebagai Kasubdit 2 Ditintelkam Polda Sulut. Kompol Nohfri Maramis SH SIK, sebelumnya menjabat Kabag Ops Polres Tomohon, kini menjabat Wakapolres Tomohon.
  2. Kabag Ops:
    Pejabat baru, AKP Erwin Hendry Mantiri SH MH. Sebelumnya menjabat sebagai Kasat Narkoba.
  3. Kasat Resnarkoba kini dijabat, Iptu Charles Ganda SH, tang sebelumnya menjabat Kasat Narkoba Polres Bolmong.
  4. Kasat Samapta:
    Pejabat lama, AKP Widodo. Pejabat baru, Iptu Dixon Matama.
  5. Kasat lantas:
    Pejabat lama, Iptu Amanda Averina Benita Purba, S.Tr.K Ll.M. Pejabat baru, Iptu Irvin Kaunang SH.
  6. Kasi Propam:
    Sebelumnya dijabat Iptu Djemmy Worang, saat ini dijabat AKP Widodo, yang sebelumnya menjabat Kasat Samapta. Sedangjab Djemmy menduduki sabatan baru fdi Polda Sulut sebagai Kanithartib Subbidprovos Bidpropam.
  7. Kapolsek Tomohon Selatan:
    Sebelumnya dijabat Iptu Juddy Rychard Ishak Alie S.Sos yang kini menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Bolsel. Kapolsek Tomsel saat ini dijabat Ipda Fahmi Arranirri S.Tr.K.
  8. Kapolsek Tombariri:
    Pejabat lama, Ipda Mick Mario Valentino Sopacoly SH MH saat ini menjabat Pamin Subagrenmin Ditreskrimsus Polda Sulut. Pejabat baru, Ipda Stanny Rolanda Elias SE, sebelumnya sebagai Kanit 1 Satreskrim Polres Bolmut.
  9. Kasi Kum:
    Dijabat Iptu Hery Sulistyo. Jabatan lama Kaurbinopsnal Satbinmas Polres Tomohon.