Gambar Tomohon

TOMOHON,- Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tomohon mulai bergerak. Pasca dilantik pertengahan Juli lalu, organisasi yang dinakhodai Lukas Umboh SE MM kini mulai menjalankan perannya.

Baru-baru ini, Kadin Tomohon menggelar Sharing Knowledge dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kegiatan itu dilaksanakan di Lokasi Pameran dalam rangka TIFF, di GOR Babe Palar Tomohon, Senin (12/8/2024).

Terkait itu, Ketua Kadin Kota Tomohon, Lukas Umboh SE MM didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan Pemberdayaan Daerah dan Tata Kelola Perusahaan, Habelana Lucia Goni, SE MM, mengatakan, kegiatan ini menjadi awal dari upaya Kadin Tomohon membantu UMKM.

“Jadi kami dorong pelaku UMKM menjadi anggota Kadin. Untuk saat ini kami beri fasilitas gratis ketika masuk Kadin Tomohon,” ungkap Lukas kepada wartawan usai kegiatan.

Baca Juga: Muskot KADIN Tomohon Sukses, Rio Dondokambey Lantik Lukas Umboh Cs

Selanjutnya, kata dia, bila sudah menjadi bagian Kadin Tomohon, pihaknya siap memfasilitasi berbagai hal. Mulai dari pemasaran, distribusi hingga digital marketing.

“Kami juga menjalin kerjasama dengan pihak perbankan untuk mendapatkan bantuan kredit bagi pelaku UMKM di Tomohon. Selain itu, Kadin Tomohon siap memfasilitasi ketika ada kendala dokumen,” terang pengusaha sukses itu.

Ke depan, Lukas melanjutkan, akan digelar seminar ekspor, agar para pelaku UMKM yang ingin produknya dipasarkan ke luar negeri tidak menemui masalah.

“Para pelaku usaha diberi pelatihan terkait prosedur untuk ekspor maupun hal-hal yang perlu disiapkan. Tak hanya itu, akan dilakukan pelatihan terkait produksi,” bebenya.

Lukas menjelaskan, kemasan produk atau packaging sangatlah penting. Sebab, kata dia, secara psikologis kemasan yang menarik bisa mempengaruhi konsumen.

“Walaupun rasanya sama, tapi kemasan yang memikat mata konsumenlah yang akan dipilih,” ungkapnya.

Sebelumnya, lal yang sama disampaikan Ketua Badan Pengawas Koperasi Tomohon Hebat Bersama, drg Jeand’arc Karundeng dalam Sharing Knowledge dengan pelaku UMKM

Kemasan produk, kata istri Wali Kota Tomohon Caroll Senduk itu, merupakan faktor penting di era saat ini. “Karena soal rasa, produk kita tidak kalah enak dengan produk luar negeri. Hanya berbeda di kemasan saja,” kata Ketua TP PKK Kota Tomohon ini.

Apalagi di Kota Tomohon, lanjut Karundeng, sudah ada rumah kemasan. “Kiranya pelaku UMKM dapat menggunakan fasilitas yang ada untuk meningkatkan kualitas produk,” ujar Karundeng.

Dalam kegiatan tersebut, pihak pemerintah melalui Kepala Disperindag Tomohon, Ruddie Lengkong SSTP MAP dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tomohon, Ir Nova Rompas memaparkan berbagai program yang akan dilaksanakan.

Diketahui, kegiatan yang merupakan kolaborasi Kadin Tomohon dan Koperasi Tomohon hebat Bersama ini, mengusung tema Koperasi Sehat dan UMKM Naik Kelas.