Gambar Tomohon

BOLMUT,- Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bolaang Mongondow Utara diwakili Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Dr. Hi. Abdul Nazarudin Maloho, S.Pd.,M.Si., menghadiri  kegiatan Sosialisasi / Penyuluhan Kearsipan dilingkungan Instansi Pemerintah / Swasta Kab. Bolaang Mongondow Utara Tahun 2024  di Coconut Beach Cafe, Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut, Kamis (12/9).

Maloho menyampaikan kearsipan merupakan bagian integral dari sistem administrasi pemerintahan yang baik dan efektif. Dokumentasi yang rapi dan teratur tidak hanya membantu dalam proses pengambilan keputusan, Tetapi juga berperan penting dalam pelestarian informasi dan sejarah pemerintahan.

Diera digital saat ini, penting untuk memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan arsip. Salah satu alat yang sangat berharga dalam hal ini adalah aplikasi srikandi.

Aplikasi srikandi atau sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi adalah aplikasi bersifat government to government (G2G), Sehingga dimanfaatkan oleh instansi pusat maupun daerah. dengan aplikasi srikandi memungkinkan pencatatan, pengelolaan, dan pemrosesan arsip dilakukan dengan lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan metode manual. dengan menyimpan arsip dalam format digital melalui aplikasi ini, Kita dapat mengurangi risiko kerusakan fisik dan kehilangan data yang dapat terjadi pada arsip kertas. Aplikasi ini juga memungkinkan akses yang lebih mudah dan cepat ke arsip yang diperlukan, Serta meningkatkan efisiensi dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan tugas.

Sistem yang terintegrasi dan terdokumentasi dengan baik melalui aplikasi srikandi meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan arsip, yang pada gilirannya memperkuat kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Memiliki aplikasi Srikandi bukan hanya sekedar pilihan, tetapi suatu kebutuhan untuk

meningkatkan kualitas dan efektivitas pengelolaan arsip di lingkungan pemerintahan kita. Kedepan kita harus sudah memiliki aplikasi srikandi ini, karena aplikasi srikandi sangat penting.

Dalam kesempatan tersebut Maloho  berharap seluruh peserta dapat mengikuti sosialisasi ini dengan seksama dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menambah pengetahuan serta keterampilan dalam bidang kearsipan. mari kita semua bekerja sama untuk menerapkan praktik kearsipan yang terbaik dalam setiap aspek tugas dan tanggung jawab kita.

Karena melalui sosialisasi ini, kita akan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai pentingnya kearsipan, tata cara pengelolaan arsip yang baik, serta bagaimana cara menerapkan sistem kearsipan yang efisien. tentu hal ini akan mendukung upaya kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas pemerintahan.