Tokoh  

Sosok Syerly Adelyn Sompotan, Wakil Walikota Tomohon Cantik 2016-2021

Sosok Syerly Adelyn Sompotan, Wakil Walikota Tomohon Periode 2016-2021
Walikota Tomohon 2016-2021 Syerly Adelyn Sompotan.

TOKOH, – Syerly Adelyn Sompotan (SAS), adalah Wakil Walikota Tomohon, periode 2016-2021, yang mendampingi Walikota Jimmy Feidie Eman.

Syerly Adelyn Sompotan lahir di Makassar, 5 September 1975.

Dinikahi Ir. Terkelin Karo Karo Purba SH MM, wanita yang akrab disapa SAS itu dikaruniai empat orang anak.

Keempatnya yakni, Desmario M. C. Purba, David I. V. Purba, George M. C. Purba dan Nathania C. L. Purba.

Syerly Sompotan, adalah salah seorang politisi perempuan di Sulawesi Utara.

Ia dikenal sebagai sosok wanita cantik atau Wawali cantik ini, karena selalu tampil modis dimanapun dia berada.

Syerly Sompotan Pernah Pernah Maju Caleg

Sebelum menjadi Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan pernah mencalonkan diri sebagai Caleg DPR Provinsi Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Minahasa Utara- Kota Bitung pada Tahun 2014 lalu.

Namun, keberuntungan di dunia politik belum berpihak ke wanita yang memiliki suara merdu dan aktif di berbagai kegiatan sosial itu.

Gagal di Pilcaleg 2014, Pada Tahun 2015 wanita cantik kelahiran Makassar, 5 September 1975 ini, maju sebagai Calon Wakil Walikota Tomohon mendampingi Jimmy Feidie Eman SE AK.

Dikenal sebagai sosok yang punya jiwa sosial tinggi, SAS (panggilan akrab Syerly) pun direstui oleh masyarakat Tomohon pada Pilkada 2015.

SAS maju sebagai Wawali Tomohon dari independen ini mendampingi Petahana Jimmy Feidie Eman, berhasil meraup suara terbanyak yakni 27.000 sekian.

Wakil Walikota Tomohon Periode 2016-2021

Pasangan berjuluk JFE-SAS itu pun menang telak. Syerly Adelyn Sompotan pun dilantik sebagai Wakil Walikota Tomohon pada tanggal 17 Februari 2016.

Sayangnya, sebagai pengurus partai, dirinya belum dipercayakan partai Golkar pada Pilkada 2020 baru lewat. SAS tak diusung Partai Golkar untuk maju di Pilkada Tomohon.

Partai Golkar, tempatnya mendaftar, menjatuhkan pilihan kepada pasangan Gabriella Eman (JGE) dan Virgie Baker (VB) untuk maju di kontestasi politik tersebut.

Dirinya pun akhirnya tak bisa berlaga di Pilkada Tomohon 2020 dan memutuskan mendukung calon yang diusung PDI Perjuangan yakni, Caroll Senduk dan Wenny Lumentut.

Ia pun menjadi tim pemenangan Olly Dondokambey Steven Kandouw sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur saat itu.

Dukungan SAS kala itu pun, disebut-sebut punya andil besar pada kemenangan calon yang diusung PDI Perjuangan, yang menang telak Pada Pilkada 2020 itu.

“Mereka tidak menghargai orang yang sudah berjuang membesarkan partai selama ini,” kata istri tercinta Terkelin Purba itu.

Tidak bertarung di Pilkada 2020, bukan menjadi akhir dari karir politik mantan Wakil Walikota Tomohon itu.

Mengakhiri jabatannya sebagai Wakil Walikota Tomohon pada Februari 2021, SAS terus aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Masih menjabat sebagai Ketua PMI Tomohon, SAS terus aktif menjalankan tugas organisasi di bidang kemanusiaan itu.

Belakangan ini juga, beberapa partai diketahui mendekati politisi perempuan itu. Partai-partai tersebut yakni, Demokrat, PSI dan Perindo.

Partai Golkar dan PDI Perjuangan pun melakukan lobi-lobi politik terhadap sosok populis tersebut.

Namun, sampai saat ini SAS belum menyatakan diri di partai manapun. “Nanti yah,” singkatnya.

Pengalaman Organisasi

Pada Tahun 2008 lalu, menjadi awal dirinya berkiprah di dunia politik. Awalnya, SAS dipercaya menjadi Wakil Sekretaris AMPG Kota Manado.

Wakil Walikota Tomohon 2016-2021 ini juga pernah menjadi Bendahara LPK Partai Golkar Manado 2010, LPK Partai Golkar Manado tahun 2010.

SAS pernah menjabat Wakil Bendahara DPD I Partai Golkar Sulut tahun 2014. Dia juga merupakan Wakil Ketua Kosgoro Kabupaten Minut 2013.

Dinilai layak, SAS akhirnya dipercayakan menjadi Ketua KPPG Partai Golkar Sulut tahun 2015. Di Tahun yang sama juga, ia dipercaya menjadi pengurus SOKSI Partai Golkar Sulut.

Diketahui juga, SAS adalah Bendahara DPD I Partai Golkar Sulut Periode 2010-2015.

Wanita cantik itu pun pernah menjadi Wakil Ketua Bidang Seni Budaya, Komunikasi Media dan Penggalangan Opini DPD I Golkar Sulut.

Selain punya segudang pengalaman dalam organisasi Partai, SAS juga memiliki jabatan di organisasi lain.

Dia menjadi Ketua DPN Himpunan Keluarga Tani Indonesia (HKTI) Sulut masa bakti 2019-2024.

Sementara menjabat Wakil Walikota Tomohon, Ia pun dipercaya menjadi Ketua KB FKKPI Tomohon periode 2019-2024.

Ketua PMI Tomohon

Sebelumnya pun, SAS dipilih menjadi Ketua PMI Kota Tomohon 2018-2023.

Punya pengalaman di dunia musik serta memiliki suara merdu, SAS juga menjadi Ketua Komunitas Musik Manado (Komudo) Sulawesi Utara periode 2017-2021.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.