Capai Target Penerimaan Pajak, Pemkab Minahasa Terima Penghargaan

IMG 20230118 WA0029
Bupati Royke Roring dan Wabup Robby Dondokambey menerima piagam penghargaan yang diserahkan Ketua KPP Pratama Bitung Yul Hrndriawan. (foto/ist)

LIPUTANKAWANUA.COM, MINAHASA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, menerima penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bitung, tentang pencapaian target penerimaan pajak tahun 2022.

Penghargaan itu, diserahkan langsung Kepala KPP Pratama Bitung, Yul Heriawan, kepada Bupati Minahasa, Dr Ir Royke Octavian Roring MSi didampingi Wakil Bupati Dr (Hc) Robby Dondokambey SSi MM MAP, serta Kepala BPKAD, Joice Pua SE.

Penghargaan itu, diserahkan pada pembukaan “Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan 2022, dan Validasi NIK Menjadi NPWP”, di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Rabu (18/1/23) siang tadi.

Kepala KPP Pratama Bitung, Yul Heriawan mengatakan, penghargaan ini diberikan dalam rangka pencapaian target penerimaan pajak tahun 2022 Pemkab Minahasa, yang mencapai Rp 57 Miliar.

Dikatakan Heriawan, tahun pajak 2022. Merupakan tahun yang luar biasa bagi Pemkab Minahasa. Karena, setelah Covid-19 berlalu, KPP Pratama Bitung dan Pemkab Minahasa, senantiasa berpegang erat untuk mendulang penerimaan negara, melalui setoran pajak.

Tentunya, lanjut dia, ucapan syukur disampaikan karena seluruh perjuangan dan kerjasama yang terbina, berhasil mencatat nilai setoran pajak ke kas negara untuk tahun 2022, adalah sebesar Rp 57.439.436.186.

Namun begitu, lanjut Heriawan, nilai ini masih akan bertambah seiring dengan proses rekonsiliasi yang sedang berjalan, antara KPP Pratama Bitung, KPPN Manado dan Pemkab Minahasa. Nilai setoran tahun 2022 ini, naik sebesar Rp 14 Miliar dibanding 2021. Karena adanya proyek PEN, pembangunan rumah sakit dan Dana DAK Fisik.

“Meningkatkan setoran pajak tersebut tak lepas dari kerja keras bendahara pemerintah di lingkungan kabupaten Minahasa, mulai dari BPKAD sampai satker terkecil di desa memiliki peran yang sangat vital,” kata Heriawan.

Sementara, Bupati ROR menyampaikan banyak terima kasih kepada KPP Pratama Bitung, yang tidak pernah bosan-bosan memberikan pengarahan kepada Pemkab Minahasa, dalam rangka peningkatan pembayaran pajak.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Minahasa yang sadar akan membayar pajak. Sehingga nilai setoran pajak tahun 2022 meningkat.

“Tentunya, penghargaan yang diterima ini, tak lepas dari peran semua instansi terkait terlebih masyarakat Minahasa. Sekali lagi, atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, saya menyampaikan banyak terima kasih kepada KPP Pratama Bitung, yang sudah memberikan penghargaan ini,” ucap ROR. (jesica)