MINAHASA – Si TIMOU (Asi Terbaik Ibu Mencegah Stunting dan Optimalkan Potensi Anak Sejak Usia Dini) adalah suatu inovasi yang dikembangkan Pemkab Minahasa yang berhubungan erat dengan stunting.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Minahasa Lynda Watania, saat memberikan presentasi penutupan Kegiatan Penilaian Kinerja Penurunan Stunting Tahun 2023, 29 sampai 31 Mei 2023 bertempat di The Sentra Hotel Minahasa Utara.

Dikatakan Watania, Beberapa kerjasama telah dilakukan dengan beberapa stake holder diantaranya Pengadilan Agama, Sinode GMIM, Unima, dan RSUD Samratulangi.

“Si TIMOU (Asi Terbaik Ibu Mencegah Stunting dan Optimalkan Potensi Anak Sejak Usia Dini) adalah suatu inovasi yang kami memiliki yang berhubungan erat dengan stunting,” terangnya.

Lanjut Watania, hubungan Inovasi dengan stunting yakni:

-Asi Eksklusif bagi bayi dalam Pemenuhan nutrisi diawal kehidupan, sumber nutrisi lengkap dan makanan alamiah yang sempurnah dan ideal sampai bayi umur 6 bulan.

-Bayi tanpa ASI Eksklusif akan mudah sakit karena kekebalan tubuh menurun, pertumbuhan dan perkembangan terganggu, teristimewa perkembangan kecerdasan otaknya.

Diketahui kegiatan Penilaian kinerja stunting Tahun 2023 ini, dibuka secara resmi Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw.

Berikut Data Prevelensi Stunting Data SSGI
2019: 15,8 Persen
2021: 17,5 persen
2022: 16,5 Persen