BOLMUT,- Bantuan 1 unit mobil tangki air dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Utara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dirjen Cipta Karya, langsung dioptimalkan pemanfaatannya oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dibawah pimpinan Penjabat (Pj) Bupati Sirajudin Lasena.

Hal itu dibuktikan dengan disalurkannya bantuan air bersih dari mobil bantuan tersebut, kepada masyarakat Bolmut yang mengalami krisis air bersih akibat musim kemarau berkepanjangan pada tahun ini.

“Tak sampai 24 jam setelah diserahkan, mobil tangki ini langsung kami bawa ke Bolmut sesuai instruksi Pak Bupati Sirajudin Lasena untuk membantu masyarakat di daerah yang mengalami krisis air bersih,” kata Edwin S Alam, staf Dinas PUPR Bolmut, Kamis (5/10).

Edwin yang mengemudikan mobil tersebut dari Manado dengan menempuh jarak hampir 300 Km selama 6 jam ke Bolaang Mongondow Utara. Total air bersih yang dibawa berjumlah 4.000 Liter.

“Untuk hari ini, ratusan masyarakat di Desa Bohabak 1 sudah mendapatkan bantuan air bersih,” katanya.

Masyarakat pun sangat antusias dan gembira dengan bantuan tersebut. Mereka berbondong-bondong membawa wadah untuk diisi air bersih untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

“Air bersih ini sangat dibutuhkan masyarakat, karena sudah dua bulan kami disini kesulitan mendapatkan air bersih,” ujar Karim Van Gobel, Kepala Dusun 2 Desa Bohabak 1, Kecamatan Boolangitang Timur.

Sumur-sumur di desa, kata Karim, sangat sulit untuk mendapatkan air yang layak untuk dimanfaatkan.

“Sumur disini tak lagi mendapat air yang layak, jadi terima kasih kepada pemerintah daerah karena sudah memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat sesuai kebutuhan,” tegasnya. (*)

Editor: Redaksi