BOLMUT,- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan kunjungan kerja ke Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I, Rabu (4/10).

Kunjungan kerja ini dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, dan diterima oleh Kepala Balai Wilayah (BWS) Sulawesi I Ir I Komang Sudana MT, didampingi Kepala SNVT PJSA, Alvianus Talisungan ST, Koordinator Teknis SNVT Olivia Motulo SST, dan Kepala Tata Usaha Jacqueline Tahar.

Pada kesempatan itu, Sirajudin menyampaikan perlu adanya penanganan Daerah Aliran Sungai (DAS) Andagile di Kecamatan Pinogaluman. Bahwa, ada beberapa titik di DAS Andagile terjadi penyempitan badan sungai akibat endapan lumpur yang hingga kini belum tertangani.

Dibagian lain, akibat abrasi perlu pembangunan tebing penahan sungai di beberapa titik DAS yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorontalo Utara tersebut.

Sirajudin juga menyampaikan usulan permohonan bantuan anggaran untuk merehabilitasi Bendungan Pontak yang terletak di Kecamatan Kaidipang dan Bendungan Ollot di Kecamatan Bolangitang Barat. Untuk diketahui Bendungan Pontak melayani 653 Ha sawah dan Bendungan Ollot melayani 650 Ha Sawah.

Selain penanganan bendungan dan daerah aliran sungai, Sirajudin juga menyampaikan perlunya pembangunan bangunan pengaman pantai Batu Pinagut, Pantai Boroko, Bolangitang I, Bolangitang II dan pantai Kuhanga, akibat abrasi pantai.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I Ir Komang Sudana MT menyambut baik dan akan berusaha memperjuangkan anggaran sehingga persoalan yang ada di Kabupaten Bolmut bisa tertangani. Pada Tahun 2022, BWS I menangani kegiatan pembangunan pengaman pantai di d
Desa Buko Kecamatan Pinogaluman. (*)