BOLMUT,- Sirajudin Lasena (SJL), Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara terus menunjukkan kerja nyata dalam membangun daerah demi mensejahterakan rakyatnya.

Terkini, Papa Rika sapaan akrab Pj Bupati Bolaang Mongondow Utara, akan mengembangkan Dusun Goyo, Desa Ollot 2, Kecamatan Bolangitang Barat, menjadi sentra produksi buah khususnya Durian.

“Saya lihat disini cocok untuk dijadikan daerah sentra produksi buah khususnya Durian, jadi akan kita tanam durian dan kembangkan di daerah Goyo ini,” kata SJL saat berkunjung ke Dusun Goyo, Sabtu (11/11).

Sejak Pukul 08.00 Wita, SJL bersama rombongan bergerak dari kediaman menggunakan sepeda motor yang dikendarai sendiri. Ia melewati sungai menggunakan rakit, dan bergegas melahap jalan sepanjang 12 Km untuk mencapai lokasi perkebunan durian.

“Di daerah Parimo, Sulawesi Tengah, pendapatan bersih setiap pohon Durian itu mencapai Rp 10 Juta. Nah, kalau disini nanti sudah seperti itu, maka kesejahteraan masyarakat pasti akan sangat meningkat,” ungkapnya.

Durian yang akan dikembangkan dan ditanam di Dusun Goyo adalah dari Varian Durian Montong. “Bibitnya akan kita siapkan, dan akan ditanami disini,” katanya.

Sudarto Naris, warga Dusun Goyo mengatakan, Durian sangat cocok ditanam diwilayahnya karena memiliki lahan yang subur. “Ada durian Montong yang saya tanam, baru berusia dua tahun tapi pertumbuhannya sangat cepat,” katanya.

Welas, warga Dusun Goyo lainnya menjelaskan, dikebunnya ada sekitar 250 pohon Durian, yang beberapa diantarnya sudah berbuah. “Yang ini mungkin Januari sudah bisa dipanen,” jelasnya sambil menunjuk pohon durian yang sudah berbuah kepada Bupati.

Selain Durian, buah yang cocok dikembangkan adalah Alpokad, dan Lemon Manis serta Rambutan. menurut Sangadi Desa Ollot 2 Fadli Saad, ada 474 hektare lahan yang bisa ditanami untuk jadi sentra produksi buah di Dusun Goyo. (*)