Gambar Tomohon

BOLMUT,- Kerja Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara di Tahun 2024 telah dimulai dengan digelarnya apel perdana yang dihadiri seluruh jajaran pemerintah daerah mulai dari Penjabat Bupati Sirajudin Lasena, Sekretaris Daerah Jusnan Mokoginta, kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD), Sangadi, dan Aparatus Sipil Negara (ASN), Kamis (4/1).

Dalam apel tersebut, seluruh kepala OPD menandatangani pakta integritas dihadapan Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena. Pakta integritas itu sendiri merupakan dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Saya berharap, yang diberikan amanah, tidak berkhianat. Tapi, mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan jujur, tulus, dan penuh tanggungjawab,” tegas Sirajudin.

Ia meminta kepada seluruh kepala OPD bahkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk merapatkan barisan dalam mensukseskan program pemerintah demi mensejahterakan rakyat Bolmut.

“Mudah-mudahan kita semua diberi hidayah, agar mampu menjadi panutan bagi rakyat dalam memberikan rasa aman dan nyaman di daerah,” katanya.

Pada tahun 2024, Sirajudin menjelaskan ada banyak program prioritas yang ditetapkan, yakni peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan; peningkatan kualitas layanan kesehatan, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan inovatif; peningkatan daya saing perekonomian daerah; penurunan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran; dan peningkatan infrastruktur sesuai tata ruang yang berwawasan lingkungan.

Upaya penanganan kemiskinan ektrim ditahun 2024 misalnya telah dianganggarkan dalam APBD sebesar Rp. 56.553.389.231. Untuk penanganan stunting di anggarkan sebesar Rp 12.427.519.679, serta upaya menjaga stabilitas dan menanggulangi inflasi daerah di anggarkan sebesar Rp 7.198.063.449,

“Saya sudah door to door ke masyarakat dan melihat langsung, program tersebut sangat dirasakan manfatnya oleh masyarakat, jadi akan kita lanjutkan semua bantuan yang diberikan. Mari kita laksanakan semua tugas dan fungsi kita dengan tulus dan niat baik, karena pasti akan bernilai bagi masyarakat,” tuturnya. (*)