Gambar Tomohon

BOLMUT,-Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev menghadiri Opening Ceremony Ramadhan Fair Kabupaten Bolmut Tahun 2024 di Lapangan Kembar Boroko, Kamis (14/3/2024).

Kegiatan tersebut disambut sangat antusias oleh masyarakat, terutama oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah, sebab bisa menjadi cikal bakal pusat ekonomi baru di daerah.

“Iven ini sangat kreatif dan sudah dinantikan oleh masyarakat terutama pelaku UMKM. Mudah-mudahan kedepan Iven seperti ini tetap dilaksanakan karena berdampak positif bagi masyarakat, dan menjadi cikal bakal bertumbuhnya pusat ekonomi baru di daerah,” kata Sirajudin.

Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sendiri, tercatat ada 700 UMKM yang telah bersertifikat halal, sehingga sangat potensial untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Ramadhan Fair akan berlangsung selama 18bhari, mulai 14 hingga 31 Maret 2024. Selain berpotensi menjadi cikal bakal pengembangan pusat ekonomi baru, Iven tersebut menurut Sirajudin menjadi ajang promosi pariwisata yang bernuansa religi ini, dan pengembangan ekonomi kreatif.

“Diharapkan ivent ini dapat berdampak pada sektor ekonomi kreaktif lewat kegiatan seni dan pertujukan, serta menjaga kearifan lokal daerah yaitu keterlibatan secara kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, para tokoh agama, pemuda, serta anak anak dalam mengisi bulan ramadhan tahun ini,” katanya.

Sirajudin berharap kegiatan tersebut dapat  dipersiapkan dan dikemas dengan lebih baik kedepan, sehingga mampu memberikan dampak positif pada sektor pariwisata terutama wisata religi, pelaku ekonomi, pegiat budaya seni dan pertujukan ekonomi kreaktif.

“Saya memberikan apresasi positif serta mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berserta panitia yang terus berinovasi dengan event event daerah seperti ini,” ujar Sirajudin.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan Tausiah Ramadhan oleh Ustadz Iswan Syaban, S.Pd.I

Turut Hadir, Kepala Kejaksaan Negeri Bolaang Mongondow Utara Oktafian Syah Effendi SH. MH, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bolmut Idrus Sante, S.Ag, M.Pd Para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, Ketua Bawaslu Bolmut, Pimpinan OPD Serta Para pelaku Ekonomi Kreaktif.