BOLMUT,- Pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM) menjadi hal mutlak untuk menopang kemajuan di daerah. Tanpa SDM yang kuat, mustahil daerah seperti Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bisa maju pesat seperti saat ini.

Dalam upaya mendorong SDM di daerah tetap terjaga, guna menjamin kepemimpinan di daerah tetap berkualitas kedepan, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena SE MEc Dev tak pernah jenuh untuk terus belajar dan menimba ilmu di perguruan tinggi.

Terakhir, Sirajudin baru saja menyelesaikan ujian disertasi Program Doktor Administrasi Publik di Pasca Sarjana Universitas Gorontalo (UNG) dengan judul “Strategi Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara”, Jumat (5/4).

Meski tercatat sebagai kepala daerah, namun Sirajudin tak menemukan jalan yang mudah dalam menyelesaikan studinya. Butuh perjuangan ekstra keras dan waktu belajar yang banyak, ditengah kesibukannya sebagai kepala pemerintahan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dengan usaha, ketekunan, kerja keras, dan dukungan dari keluarga terutama istri tercinta Ny Ening Sutrisni Lasena Adam, Papa Rika sapaan akrab Sirajudin, mampu lolos dari hadangan penguji handal disertasi yang bergelar guru besar, sebut saja Rektor UNG Prof Dr Eduard Wolok ST MT IPM dan Ketua Senat UNG Prof Dr Rauf Hatu MSi, serta Direktur Pasca Sarjana UNG Prof Dr Ir Mahludin H Baruadi MP.

Meski mendapat pertanyaan-pertanyaan mendalam dan rasanya sulit dijawab, namun dengan kecakapan yang dimiliki dibawah bimbingan Promotor Prof Dr Asna Aneta SPd MSi, Co Promotor 1 Dr Yanti Aneta SPd MSi dan Co Promotor 2 Dr Ismet Sulila SE MSi, Sirajudin mampu tampil elegan dan menyelesaikan ujian disertasinya dengan sangat baik dan dinyatakan lulus.

Semua ilmu yang didapatnya hingga dijenjang pendidikan Strata 3, akan digunakannya untuk membangun daerahnya tercinta Kabupaten Bolaang Mongondow Utara agar menjadi lebih maju dan sejahtera kedepan. “Gelar yang saya dapat ini, tentu tak hanya untuk pribadi, tapi akan saya gunakan semua ilmunya untuk membangun Bolmut menjadi lebih baik lagi kedepan,” kata Sirajudin.

Ia tak lupa menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada keluarga, teman-teman, jajaran pemerintahan serta seluruh masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang memberikan dukungan penuh terutama dukungan doa sehingga mampu menyelesaikan ujian tepat waktu. “Terima kasih untuk semua dukungan yang diberikan oleh seluruh elemen masyarakat di Bolmut, dan tak lupa ucapan terima kasih saya sampaikan kepada civitas akademika UNG yang bolehemberikan kesempatan kepada saya untuk menimba ilmu disini,” katanya.

Sirajudin berharap, kedepan akan semakin banyak doktor yang lahir dari Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. “Dengan sumber daya manusia berkualitas dan kolaborasi yang baik satu sama lain, saya yakin Bolmut kedepan akan sejajar dengan daerah lainnya yang telah maju di Indonesia. Ayo kita terus belajar, jangan pernah bosan untuk meraih mimpi dan mewujudkan cita-cita memajukan daerah kita,” tegasnya. (*)