BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev (Ki Doni Pangulu) menerima Prosesi Adat Mopohabaru/Mopotau dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M, Jumat (5/4).

Prosesi adat dilaksanakan di rumah pribadi Penjabat Bupati Bolmut, Desa Boroko, Kecamatan Kaidipang.

Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolmut menyampaikan beberapa hal yang telah disepakati, diantaranya 1 Syawal 1445 Hijriyah jatuh pada tanggal 10 april 2024 dan terkait dengan pelaksanaan Sholat Ied.

Dimana Sholat Ied akan dilaksanakan di Lapangan Kembar Boroko pada Pukul 07.00 Wita, dan para petugas diantaranya Khatib Mimbar Hi. Muhammad Yusuf Dani Pontoh, S.Ag MH, Imam Yunus Rahman, dan Bilal Amir Lauma.

Sirajudin dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat yang telah menyampaikan kabar tentang Idul Fitri serta petugas pelaksana pada Sholat Ied nanti.

Meskipun demikian, penetapan 1 Syawal 1445H, akan tetap menunggu pengumuman resmi Menteri Agama RI.

Khusus kegiatan Malam Takbir Pemerintah Daerah akan dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahman Boroko, dan dilanjutkan di kediaman Penjabat Bupati Bolmut dan Sekretaris Daerah Bolmut.

Demikian pula untuk Pemerintah Kecamatan dan Desa melaksanakan kegiatan Takbiran di Masjid masing-masing.

Sebelumnya, dilaksanakan Khatam Qur’an selesainya kegiatan tadarus selama bulan suci Ramadhan 1445 H.

Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Ening Sutrisni Lasena Adam, S.ST, Kapolres Bolmut atau Mewakili, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut atau Mewakili, Pabung 1303 Bolmut, Sekertaris Daerah Bolmut dr Jusnan C. Mokoginta Mars, Ketua DWP Bolmut Drg. Firlia Mokoginta Mokoagow, Kepala Kemenag Bolmut mewaklili, Ketua Aliansi Adat Bolmut, Para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati Bolmut, Pimpinan Perangkat Daerah, Tokoh Adat, para Camat serta Sangadi. (*)