MINAHASA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, melaksanakan Bimbingan Teknis pemutakhiran data pemilih dan penggunaan aplikasi e-coklit untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta Bupati dan wakil bupati tahun 2024, kepada petugas pemutakhiran data pemilih (PANTARLIH) se kecamatan Tondano Selatan, Minggu (23/6/24).

Bimbingan teknis yang berlangsung di Balai Pertemuan Umum Kelurahan Koya ini, diikuti 43 peserta Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), 24 Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta 5 PPK sebagai pembawa materi.

Wilayah Kecamatan Tondano selatan meliputi 8 kelurahan, kelurahan Koya, Tataaran satu, Tataaran dua, Tataaran patar, Maesa unima, Tounsaru, Urongo, dan Paleloan.

Membuka materi, ketua PPK Kecamatan Tondano Selatan Eddy Rasu menjelaskan,
Pantarlih melaksanakan coklit yang berbasis De Jure.

“Coklit yang dilakukan oleh pantarlih harus menghasilkan data pemilih yang baik, akurat dan efisien karena akan menentukan kualitas pemilih serta DPT nanti akan menentukan jumlah logistik pemilihan dalam Pilkada,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa pada bimbingan teknis tersebut untuk memastikan semua badan Adhock bekerja dengan paham untuk persiapan pilkada 2024.

Untuk diketahui masyarakat, Pantarlih memiliki peran untuk menjalankan pemutakhiran data yang akan dicantumkan dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap). Aturan ini tertuang dalam PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) No 7 Th 2022 tentang Pemilihan Umum.

Pantarlih melaksanakan coklit pemutakhiran data pemilih sesuai model A daftar pemilih atau berdasarkan data KPU, dengan cara mendatangi pemilih secara langsung dari rumah kerumah.

Pantarlih juga wajib mencatat pemilih dari kelompok disabilitas, karena KPU harus mengetahui berapa jumlah pemilih disabilitas di wilayah Tondano Selatan agar KPU dapat menyesuaikan treatment seperti apa yang ke depan akan diberikan kepada mereka. 

Materi Bimtek dilanjutkan dengan materi terkait pemutakhiran data pemilih oleh Melky Turang , materi buku kerja Pantarlih oleh Rendy Singkoh, Aplikasi e-coklit oleh Jobert Supit, dan Materi Simulasi Pantarlih oleh Thalia Wuisan.