Gambar Tomohon

BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum, Uteng Datunsolang, S.Pd, M.Si membuka kegiatan Sosialisasi Desa Wisata Tahun 2024.

Sosialisasi itu dilaksanakan di Bikini Bottem Cafe, Kawasan Destinasi Wisata Pantai Batu Pinagut Boroko, Selasa (23/7/2024).

Pengembangan Desa wisata dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan perekonomian, juga identifikasi dan pelestarian potensi alam dan budaya disuatu wilayah.

Pemerintah, sebagai pendorong pengembangan desa wisata yang disinergikan dengan masyarakatnya.

Pada kegiatan tersebut, pegiat pariwisata juga selaku pelaku usaha, bekerjasama dengan Kepala Dinas Pariwisata, Kabupaten Bolmut Mohamad Noh Djarumia, melakukan pelepasan Tukik Penyu (anak penyu). 

Sebanyak 50 ekor Tukik Penyu dilepaskan ke habitatnya setelah berada di kolam penampungan sementara pasca menetasnya telur-telur Penyu.

Kegiatan ini sebagai upaya menjaga kelangsungan hidup Penyu sekaligus pelestarian ekosistem Penyu yang ada di pantai khususnya di destinasi pantai Batu Pinagut.

Turut hadir pimpinan OPD terkait,  pemateri Christian Tambingo selaku Ketua ASIDEWI Prov. Sulut, Hani Lorens Singa, Direktur Bumdes Sinar Usaha Desa BUDO Kabupaten Minahasa Utara.

Hadir juga, para sangadi di Kecamatan Kaidipang dan Pinogaluman/ Ketua Bumdes serta Pegiat Pariwisata.

Gambar Tomohon