Gambar Tomohon

Tomohon,- Ferdinand Mono Turang S.Sos dilantik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Periode 2024-2029. Sebelumnya, Mono adalah Ketua Sementara.

Ia dilantik sebagai Ketua DPRD Tomohon definitif, dalam Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Tomohon, di Ruang Sidang Kantor DPRD Tomohon, Senin (30/9/2024).

Pengambilan sumpah janji, dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Tondano Dr Erenst Jannes Ulaen, SH MH.

Usai dilantik, kepada wartawan, Mono Turang berjanji, dirinya akan memberikan yang terbaik untuk kepentingkan masyarakat Kota Tomohon. “Pastinya, akan melaksanakan tugas sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tegas Mono.

Ucapan terimakasih pun ia ungkapkan kepada Ketua Umum (Ketum) DPP PDIP, Megawati Soekarno Putri, Ketua DPD PDIP Sulut, Ollly Dondokambey dan Ketua DPC PDIP Kota Tomohon, Caroll Senduk yang telah mempercayakannya sebagai Ketua DPRD Tomohon.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan PDIP. Namun saya juga membutuhkan dukungan dari rekan-rekan anggota DPRD Kota Tomohon dalam menjalankan tugas-tugas sebagai Ketua DPRD Kota Tomohon,” pintanya.

Mantan Ketua DPC Gerindra Tomohon itu pun berkomitmen untjk mengutamakan kedisiplinan di DPRD Kota Tomohon.

“Kita harus disiplin, terutama disiplin waktu. Ketika itu dilakukan, setiap kegiatan yang dilaksanakan pasti akan terlaksana sesuai dengan rencana,” ungkapnya.

Sementara, Penjabat Sementara (PJs) Wali Kota Tomohon, Ir Fereydy Kaligis MAP atas nama Pemerintah Kota Tomohon, pribadi, dan keluarga, serta seluruh masyarakat, mengucapkan selamat kepada bapak Ferdinand Mono Turang, S.Sos, atas dilantiknya sebagai Ketua DPRD Kota Tomohon.

“Ini adalah amanah besar yang dipercayakan oleh masyarakat, dan saya yakin beliau akan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab,” ujar Kepala Biro Kesra Pemprov Sulut ini.

DPRD Kota Tomohon, Fereydy melanjutkan, memiliki peran vital dalam pembangunan daerah. “Dengan adanya pimpinan definitif, kiranya lembaga legislatif ini akan semakin kuat dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Kota Tomohon,” harapnya.

Menurut mantan Kadis Kehutanan Tomohon itu, hubungan yang harmonis antara eksekutif dan legislatif adalah kunci keberhasilan pembangunan daerah.

“Mari kita bangun sinergi dan kolaborasi yang lebih baik untuk menyelesaikan berbagai isu, mulai dari peningkatan infrastruktur, pelayanan publik, hingga pengembangan ekonomi berkelanjutan,” ajak mantan Kadis Kehutanan Kota Tomohon ini.

Selanjutnya Fereydy bilang, pembangunan Kota Tomohon tidak bisa dilakukan secara sepihak dalam hal ini eksekutif. Artinya, harus bersama-sama dengan Legislatif 

“Diperlukan kerja sama yang baik antara Pemerintah dan DPRD serta partisipasi aktif dari seluruh masyarakat. Oleh karena itu, mari kita jalin komunikasi yang terbuka dan saling mendukung dalam setiap program yang akan dijalankan,” pungkas Kaligis.

Hadir dalam pelantikan, Rohaniawan Pastor Benedictus Pangkey, MSc, Ketua TP-PKK Kota Tomohon sementara, dr. Devy Pelealu M. Biomed, Korwil BIN Tomohon Letkol Laut Ahmad Virgaus, Wakapolres Tomohon Kompol Nofry Maramis, SH, SIK, Danramil Tomohon Kapten Armed Zadrak Charles Sonlay, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE, ME, Anggota DPRD Kota Tomohon, dan undangan lainnya