Gambar Tomohon

Tomohon,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, melaksanakan Sosialisasi Penyelenggaraan Pilkada dan Fasilitasi Akses Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Pilkada Tomohon Tahun 2024.

Kegiatan itu dilaksanakan di Limimpasot Cafe & Hall, Kelurahan Matani Tiga, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Kamis (12/9/2024).

Dalam kegiatan itu Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Tomohon, Rojer Datu mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2022.

Peraturan itu tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Serta Walikota Dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Selain hal tersebut, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan keputusan KPU Nomor Nomor 620 Tahun 2024 Tentang Pedoman Teknis Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Jadi Komisi Pemilihan Umum Kota Tomohon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pilkada dan Fasilitasi Akses Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Pilkada Tomohon Tahun 2024 ini,” ucap Rojer.

Dikatakan, pihaknya benar-benar berkeinginan untuk memfasilitasi para penyandang disabilitas dalam Pilkada 2024.

“Hak konstitusional dari penyandang disabilitas ini harus kita berikan. Karena teman-teman ini juga harus mendapatkan hak yang sama dengan kita,” bebernya.

Rojer berharap, kegiatan tersebut nantinya akan membantu para hak pilih yang merupakan penyandang disabilitas untuk menggunakan hak suaranya dengan baik.

“Untuk saat ini, data penyandang disabilitas yang masuk dalam daftar pemilih sementara ada 668. Semoga semua teman-teman disabilitas terfasilitasi dalam Pilkada 2024 ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu menghadirkan dua narasumber. Keduanya yakni, Ketua PPUAD Sulawesi Utara Steven Kowaas dan Gini Ponamon selaku Kepala Sekolah SLB GMIM Damai.

Diketahui, peserta kegiatan adalah para penyandang disabilitas di Kota Tomohon. Hadir juga, PPK se Kota Tomohon serta undangan lainnya.

Gambar Tomohon