Sulut

Dalam Buku Menembus Tirai Batas, Pangellu Kisahkan Perjalanan Hidupnya

IMG 20200924 WA0046
Launching buku Menembus Tirai Batas

SULUT, liputankawanua.com – Buku berjudul Menembus Tirai Batas hasil karya Supriyadi Pangellu dilaunching, Kamis (24/9/2020). Dalam buku yang juga menghadirkan penulis Reymond Kex Mudami dan Donny Lumingas mengkisahkan bagaimanan perjalanan hidup Pangellu yang kini menjadi anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut. Dimana sosok Pangellu dalam berbagai cerita dikisahkan jelas di buku yang memiliki 104 halaman ini.
“Saya kagum dengan Adi (sapaan akrab Pangellu, red) yang mampu mencapai tingkatan signifikan dalam karirnya. Apalagi dalam buku ini ada banyak testimoni dari beberapa tokoh tetang sosok Adi dan rekam jejaknya,” tukas Mudami saat membuka launching buku di Hotel Best Western.
Adi sendiri sedikit menceritakan kisah masa kecil yang memberikan semangat baginya untuk maju dan berkarya.
“Saya hanya anak desa dari pulau Karakelang Kabupaten Talaud yang menimbah ilmu di Beo dan harus jalan kaki 60 kilometer untuk pulang,” ungkap putra bungsu dari empat bersaudara keluarga Pangellu-Pusut itu.
Dikisahkannya juga bagaimana kehidupan keluarganya di masa kemarau.
“Kalau kemarau tiba, kami hanya bisa makan ubi bete merah dengan sayur ketimun yang ditumis atau disantan. Tak ada supply bahan makanan karena kemarau dan laut bergelora,” tambah Adi yang di masa kecilnya dijuluki pria tampan dari Tampanamma.
Namun aktivis GMNI ini mengatakan, apa yang dicapainya sekarang, dipersembahkan untuk almarhum ayahnya.
“Almarhum ayah saya berpesan untuk menjaga kakak-kakak saya yang semuanya perempuan. Semua ini untuk ayah saya,” kata Adi yang pernah jadi buruh bagasi demi memenuhi kebutuhannya.
Adi sebelumnya bercita-cita jadi pendeta, namun ketika itu di kampusnya Universitas Kristen Indonesia di Tomohon sedang bergelut dengan masalah status hukum. Dirinya pun berhenti kuliah di semester 8 dan belajar hukum hingga menempuh tingkat Magister.
“Pernah juga menjadi jurnalis profesional serta pengacara,” pungkasnya.
Ketika merintis dunia kepemiluan, Pangellu pun pernah menjadi Ketua Bawaslu Kabupaten Talaud, pimpinan Bawaslu Kota Manado dan kini menjabat Komisioner Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Propinsi Sulut.(mrc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top