Sulut

KPU Sulut Koordinasi Bersama KPU Boltim dan Manado Soal PHPU

SULUT, liputankawanua.com – KPU Sulut menunjukan keseriusannya memfasilitasi KPU Manado dan KPU Boltim dalam menghadapi sengketa hasil di Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini nampak ketika Rabu (27/01) sore, KPU Sulut menggelar Rakor Fasilitasi Sengketa dengan KPU Kota Manado dan Kabupaten Boltim.

Rakor yang digelar di Rumah Pintar Pemilu KPU Sulut, dibuka Ketua KPU Sulut Ardilles Mewoh.

Dalam sambutannya Mewoh mengingatkan bahwa sejak MK meregister dalam BRPK maka sudah resmi Boltim dan Manado berperkara.

“Perlu dipahami juga bahwa dengan adanya gugatan di MK, perlu dipahami bahwa untuk Manado dan Boltim belum ada yang secara resmi sebagai pemenang Pilkada,” ungkap Mewoh.

“Saya harap kita semua serius. Jangan lalai dan terlambat,” tegas Mewoh yang pernah menggawangi Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulut periode sebelumnya.

Sejauh ini, KPU Manado dan KPU Boltim sudah menunjuk kuasa hukum. Karena itu, Mewoh tak lupa mengingatkan agar supaya sesudah ditunjuk kuasa hukum maka harus dioptimalkan koordinasi dalam penyusunan jawaban.

“Mohon juga memerhatikan SOP Fasilitasi sengketa dan memerhatikan tata beracara dalam perselisihan hasil pemilihan di MK,” pukas Mewoh.

Pada bagian akhir sambutannya, Mewoh menyatakan akan full mensuport kepada KPU Manado dan Boltim.

“Kita akan pertahankan hasil kerja kita karena kita meyakini usaha kita telah prosedural dan berintegritas,” tegas Mewoh.

Hadir dan memberikan arahan seluruh Komisioner KPU Sulut masing-masing, Yessy Momongan, Salman Saelangi, Lanny Ointu dan Meidy Tinangon. Juga nampak Kabag Hukum dan Tekmas, Nina Polii dan Kasubag Hukum Lidya Rompis.(mrc)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Berita Populer

To Top