Sulut

Video ‘Pisang Goroho’ Viral, Psikolog Sulut: Penyebar Tak Pahami Dampak Buruknya

Foto Pisang Goroho.

SULUT, liputankawanua.com – Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dihebohkan dengan beredarnya video asusila, yang dilakoni seorang remaja asal salah satu daerah di Provinsi berjuluk Nyiur Melambai tersebut.

Gilanya, video yang viral di medsos, Selasa (26/5/2020) ini, nampak remaja cantik sedang memainkan sebuah pisang yang biasa disebut Goroho oleh warga Sulut itu. Dari adegan, remaja yang diperkirakan masih berusia sekitar 15 hingga 17 Tahun ini mempermainkan pisang goroho itu di bagian sensitifnya hingga klimaks.

Adegan video panas berdurasi sekitar 3 menit itu pun sontak membuat masyarakat Sulut bereaksi di medsos. Muncul ribuan postingan foto sang pelaku di Facebook hingga mengundang komentar-komentar para nitizen. Ada komentar lelucon namun ada juga yang bereaksi negatif dan lainnya.

Hal tersebut pun mendapat tanggapan dari psikolog Sulut, Jenniver Mantow M.Psi Psik. Menurutnya, orang-orang yang membagikan hal itu di media sosial tidak paham dampaknya. “Konsekuensi ketika menyebarkan video, gambar asusila dengan sengaja tentu bakal berhadapan dgn UU ITE,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (26/5/2020) malam.

Bendahara Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPKI) Sulut tersebut mengatakan, penyebar video ini cukup impulsif akibat ketidaktahuan  pengguna medsos akan konsekuensi hukum.  “Impulsif artinya melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang, tanpa menimbang-nimbang konsekuensi dari perbuatannya,” jelas Psikolog asal Kota Tomohon itu.

“Pengguna media sosial sekarang bukan cuma orang dewasa, di atas 18 tahun. Anak-anak banyak yang menggunakan sosial media. Apalagi masa pandemik ini, banyak orang lebih suka menghabiskan waktu dengan sosial media. Tentu saja ini bisa jadi contoh buruk untuk anak-anak,” terangnya.

Untuk itu, Jenniver meminta, kepada masyarakat Sulut supaya lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial. “Ini jelas akan berpengaru buruk terhadap anak-anak dan para remaja. Mereka masa depan negeri ini. Jangan sampai di rusak,” tukasnya.

Diketahui, video asusila tersebut sudah beredar ke ribuan masyarakat Sulut. Aksi ABG Manado, Sulut, tersebut sudah ditonton dan dibagikan melalui Facebook, Grup WhatsApp dan media sosial lainnya.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top