TOMOHON, liputankawanua.com — Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE.Ak CA, meresmikan monumen sejarawan pekabaran injil, Monumen Pandita Nicolaas Phillip Wilken, Rabu (29/1) 2019, di Kompleks Pasar Beriman Tomohon.

Selain peresmian Monumen Wilken tersebut, juga dilaksanakan launching nama Pasar dan Terminal Menjadi Pasar Beriman Wilken Serta Proyek Pembangunan lainnya.

Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE.Ak CA dalam sambutannya mengatakan, Pandita Nicolaas Phillip Wilken adalah seorang penginjil yang mangarsiteki bangunan gereja dan sekolah-sekolah yang ada di Kota Tomohon serta membangun dua puluh jemaat saat berada di Kota Tomohon. “Penanaman Wilken untuk mengenang sejarah pekabaran injil sekaligus untuk meningkatkan pendidikan, kepariwisataan dan budaya di Kota Tomohon,” ungkap Eman.

“Kita juga akan meresmikan hasil-hasil pembangunan tahun 2019 seperti, Pembangunan ruang kelas baru SD GMIM VIII Tomohon, Pembangunan ruang perpustakaan SMP Kristen Tondangouw, Pembangunan Toilet SD GMIM 1 Tomohon, SD Inpres Kayawu, SMP Negeri 4 Tomohon, SMP Kristen Rurukan, SMP Kristen Yatiba Tinoor, Pembangunan Gedung Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Pembangunan Gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pembangunan irigasi air tanah dangkal Kelurahan Pinaras dan Kelurahan Wolaon 1 Utara,” tuturnya.

JFE (sapaan akrab Eman) memberikan apresiasi kepada panitia pembangunan dan segenap komponen terkait, serta ucapan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak khususnya para sejarahwan, budayawan dan tokoh-tokoh agama yang telah memberi sumbangsih tenaga dan pikiran.

Sebagai tema HUT ke-17 Kota Tomohon yakni ‘Kompak dan Tangguh Adalah Kita, Bersama Kita Wujudkan Tomohon Kota Wisata Dunia’. “Saya mengajak semua untuk bekerja lebih kompak lagi dalam mewujudkan Visi kita yakni Terwujudnya Masyarakat Kota Tomohon yang Relijius, Berdaya Saing, Demokratis, Sejahtera, Berbudaya dan Berwawasan Lingkungan Menuju Kota Wisata Dunia,” tukasnya.

Tampak hadir, Pdt DR Hein Arina selaku Ketua BPMS yang memimpin ibadah persemian, Sekretaris Umum BPMS Pdt Evert Tangel S.Th M.Pdk, Kepala Kementerian Agama Kota Tomohon Pdt Simon Rawis S.Th M.Pdk, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang M.Sc M.Th, Ketua Panitia HUT Kota Tomohon ke-17 Ir Enos Pontororing M.Si, para budayawan, para tokoh Agama, para tokoh masyarakat, para tokoh Pemuda, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan.

Editor: Terry Wagiu