TOMOHON, – Jabatan Kapolres Tomohon berganti. Sebelumnya dijabat AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK MH, kini dijabat AKBP Lerry Tutu.

Mantan Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito ditugaskan sebagai Kabag Binkar Biro SDM Polda Sulut.

Pergantian pucuk pimpinan Polres Tomohon itu resmi diserahterimakan, di Aula Tribrata Polda Sulut pada Selasa (11/7/2023).

Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut, dipimpin langsung oleh, Kapolda Sulut, Irjen Pol Setyo Budiyanto, yang dihadiri, Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes, para PJU Polda, para Kapolres, perwakilan personel pamen, pama, brigadir, dan Bhayangkari.

Selain Kapolres Tomohon, dalam upacara itu juga dilaksanakan sertijab Dir Binmas, Kabid TIK, Kapolres Minut, Kapolres Bolmong, dan Kapolres Kepulauan Talaud Polda Sulut.

“Mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam Polri, dilakukan dalam rangka tour of duty dan tour of area untuk menjaga dinamika organisasi agar tetap maju,” ungkap Kapolda saat sambutan.

Irjen Pol Setyo, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi para pejabat yang lama atas prestasi dan dedikasi yang tulus selama ini.

“Pengabdian yang sudah diberikan telah memberikan sumbangan yang baik bagi kemajuan Polda dan masyarakat Sulawesi Utara. Dimanapun bertugas, tetap tunjukkan kinerja terbaik untuk kemajuan Polri,” tegas Kapolda.

Ia juga menyampaikan selamat kepada pejabat baru atas promosi jabatan dan kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan Polri.

“Saya berharap, pejabat baru dapat segera beradaptasi dengan tugas baru yang diemban. Saya berharap mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik, meningkatkan posisi satuan kerja, dan mencapai hasil yang lebih baik,” tambah Irjen Pol Setyo.

Khusus untuk para Kapolres yang baru, Kapolda berpesan agar segera mempelajari situasi, kondisi, dan karakter daerah yang baru.

“Segera menyesuaikan diri. Saya yakin dengan pengalaman dan pendidikan mereka, mereka mampu melaksanakan tugas dengan baik,” pungkasnya.

Profil Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu

Kapolres Tomohon yang baru, bernama lengkap Lerry Ronald Tutu lahir di Poso, Sulawesi Tengah 1980.

Meski lahir di Poso, ia merupakan Putra Daerah Sulawesi Utara, Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan.

Lerry Tutu merupakan Alumni Akpol Tahun 2002, dengan nama Batalyon Wicaksana Laghawa.

Ia merupakan lulusan SMA 70, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, dengan nama angkatan Garnizoon 70.

Dirinya juga pernah tercatat sebagai mahasiswa UI, jurusan Sosiologi. Namun, dirinya tidak sempat lulus lantaran mengikuti tes Akpol.

Sebagai anggota Polri, Lerry Tutu sudah dipercayakan di berbagai jabatan strategis. Jabatan yang pernah ia duduki diantaranya, Kasat Reskrim Polres Baubau.

Putra Sulut ini juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Mandonga, dan pernah menjabat Kabag Operasional Polres Konawe.

Lerry Tutu juga adalah mantan Wakapolres Kendari. Sebelum dipercayakan sebagai Kapolres Tomohon, Lerry bertugas di SOps Polri.