MANADO,- Pamor birokrat handal Sulawesi Utara (Sulut) Dr Jemmy Kumendong MSi, melejit. Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut ini, dipercayakan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Minahasa.

Kumendong menggantikan Royke Octavian Roring karena habis masa jabatan sebagai orang nomor satu di Tanah Malesung.

Karir Kumendong memang dinilai mentereng. Di kabinet Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD-SK, sederet jabatan strategis pernah dipegang birokrat yang merupakan putra terbaik Kakas ini. Dia pun dikenal sebagai pejabat dengan intelektual mumpuni, familiar dan sederhana.

Seperti diketahui, pelantikan Kumendong merujuk instruksi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI).

Ia dilantik Gubernur Prof Dr (HC) Olly Dondokambey SE melakukan Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan Lima Penjabat Bupati dan Walikota di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Senin (25/09/23).

Selain Kumendong, penjabat yang dilantik meliputi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut Ronald Sorongan sebagai Penjabat Bupati Mitra, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Sulut Joy Oroh sebagai Penjabat Bupati Sitaro, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Sulut Sirajudin Lasena sebagai Penjabat Bupati Bolmut, serta Asisten II Setdaprov Sulut Asripan Nani sebagai Penjabat Wali Kota Kotamobagu.

Itu ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan diikuti lima Pj bupati/walikota disaksikan rohaniwan. Dilanjutkan dengan, penandatangan berita acara dan pakta integritas serta penyematan tanda jabatan kepada Pj bupati.

Kemudian, serah terima jabatan dari Bupati/Wali Kota yang lama kepada Penjabat Bupati/Wali Kota yang baru.

“Saya berharap penjabat yang baru dilantik menjaga amanah ini, menjaga integritas, dedikasi dan penuh tanggung jawab. Jadi pemimpin yang mampu menjalankan tugas dengan baik,” pesan Gubenur Olly

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Rita Dondokambey – Tamuntuan, Sekretaris TP-PKK Kartika Devi Kandouw – Tanos, Forkopimda Provinsi Sulut dan pejabat Pemprov Sulut.