Penulis : Terry Wagiu

WISATA,- Pintu Kai Meya Kitchen and Bar resmi terbuka, 9 November 2023. Wisata baru ini, menawarkan pengalaman wisata yang menyelaraskan kekayaan budaya Sulawesi Utara (Sulut) dengan kemewahan arsitektur modern, di Kota Tomohon.

Dengan atap yang menggunakan katu diikat tali ijuk dan pernak-pernik bambu, tempat ini menggambarkan keanggunan cafe-cafe terkenal di Bali, menciptakan atmosfer yang unik di dunia wisata.

Tempat ini, lebih dari sekadar tempat wisata, menjadi referensi utama bagi mereka yang mencari pengalaman akhir pekan yang tak terlupakan.

Luasnya tempat ini, dipenuhi nuansa alam, dan dihiasi oleh beragam bunga anggrek serta tanaman lain yang dipetik langsung dari hutan Nyiur Melambai, membuatnya menjadi surga yang ideal untuk bersantai.

CEO Kai Meya, Carlina Tatiana Tewu, menjelaskan bahwa nama Kai Meya memiliki arti harafiah ‘Kami’ dan ‘Tempat Tujuan’. “Penggabungan ini mencerminkan harapan, destinasi ini sebagai tempat yang selalu ingin dikunjungi oleh wisatawan lokal, mancanegara, pelaku usaha, dan keluarga,” ungkapnya.

Carlina juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diterima dari keluarga, tim arsitek, manajer, staf, dan pihak pemerintah, terutama Pemerintah Kota Tomohon. Dalam rangka Soft Opening, ia menyatakan kesiapan Kai Meya untuk mendukung program pemerintah di sektor pariwisata.

Selain fasilitas yang mencakup Bar, Lounge, ruangan VVIP, dan beragam jajanan serta hidangan tradisional dan internasional, Kai Meya juga menawarkan hiburan live music dan DJ.

Namun, visi manajemen tidak berhenti di situ. Mereka berencana untuk melibatkan pengunjung dengan kehadiran taman wisata edukasi, museum anggrek, serta kawasan pembudidayaan dan pembibitan tanaman dan bunga.

“Kai Meya bukan hanya tempat hiburan, tapi juga memperhatikan pelestarian dan budidaya bunga Anggrek, sebagai bunga endemik Sulawesi,” ucapnya.

Dikatakan, dari informasi yang pihaknya kumpulkan, 20 persen varian bunga Anggrek di dunia berasal dari Sulawesi Utara.

“Hal-hal kecil ini kami kreasikan untuk mendidik pengunjung, menyadarkan pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Kami tidak hanya membangun, tapi juga berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan,” jelas Carlina.

Manajemen Kai Meya juga, lanjut dia, memiliki rencana menghadirkan Mini Zoo atau kebun binatang mini, dengan berbagai spesies unggas, burung, dan ayam.

“Kami tidak hanya memikirkan hiburan semata, tapi juga mengelola pengolahan limbah secara langsung. Limbah di-recycle dan digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman hidroponik, menunjukkan komitmen kami pada praktik ramah lingkungan,” terangnya.

Sementara, Irjen Pol (Purn) Carlo Brix Tewu, Komisaris Kai Meya, menyampaikan terima kasih kepada semua rekan bisnis, perbankan, dan pemerintah yang berkolaborasi, memungkinkan kehadiran Kai Meya di Kota Sejuk.

“Semoga Kai Meya menjadi berkat bagi daerah dan mendorong pertukaran ide untuk membangun daerah,” ucapnya.

Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk SH, yang hadir dalam Soft Opening itu mengucapkan selamat atas beroperasinya Kai Meya, melihatnya sebagai pendorong ekonomi dan pariwisata di Kota Tomohon.

“Saya mengapresiasi upaya pengelola dalam merekrut banyak tenaga kerja, berkontribusi pada sektor pariwisata sebagai komoditi utama di Tomohon,” ucapnya.

Soft opening dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk Brigjen (Purn) Victor Lasut, Ketua TP-PKK Kota Tomohon Ny drgJeand’arc Senduk-Karundeng, dan Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu SIK MM.

Acara berlanjut dengan toast bersama manajemen dan direksi, serta diserahkan secara simbolis Kartu Tapcash oleh Pemimpin Wilayah 11 BNI Suluttenggomalut, Lodewyck ZS Pattihahuan, kepada CEO Carlina Tatiana Tewu.

Opening tersebut diakhiri dengan penyerahan simbolis Kartu Tapcash dari Pemimpin Wilayah 11 BNI Suluttenggomalut, Lodewyck ZS Pattihahuan, kepada CEO Carlina Tatiana Tewu.

Berkunjung ke Kai Meya adalah jaminan waktu berkualitas bersama rekan, teman bisnis, dan keluarga. Lokasinya mudah diakses, hanya satu jam perjalanan dari Kota Manado.

Anda dapat menemukan Kai Meya di Jalan Urow, Lingkungan X, Kelurahan Woloan 3, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui nomor telepon 08114300039 atau di media sosial, Instagram @kai.meya, dan Facebook KaiMeya.

Tampak hadir juga dalam soft opening, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Utara Syalom Korompis, Ny Fenny Roring-Lumanauw, pengacara kondang OC Kaligis, Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara Fabian Pascoal dan Istri Vonny Pangemanan, serta berbagai pihak termasuk unsur perbankan dan pejabat Pemkot Tomohon.