Penulis : Yaziin Solichin

Manado,- Berbagai kegiatan inovatif dihentak PT Pegadaian. Terbaru, Pegadaian menggelar Roadshow Ibu Sehat dan Sembako Keluarga atau Risalah di 12 Kantor Wilayah yang tersebar di Indonesia. Kegiatan sosial ini merupakan kalender dakwah memperingati Hari Ibu dan kepedulian Pegadaian Syariah terhadap lingkungan sekitar.

Untuk Risalah di Kanwil Manado, diikuti sekira 100 peserta yang sebagian besar ibu-ibu dan perempuan berusia 18 tahun ke atas. Acara dipusatkan di aula lantai 8, Kanwil Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Ratusan peserta ini mendapatkan paket bahan pokok untuk keluarga. Selain itu, konsultasi kesehatan dengan dokter, pemeriksaan kesehatan umum, cek asam urat, kolesterol, gula darah, hemoglobin, pemeriksaan bagi ibu hamil, dan seminar edukasi kesehatan wanita.
Widi Sunardi selaku Deputi Operasional Pegadaian Kanwil V Manado menjelaskan, Risalah adalah bentuk kepedulian sosial lingkungan Pegadaian Syariah.

Pegadaian, menurut dia, turut mengedukasi ibu dan perempuan dewasa pentingnya kesehatan kewanitaan. “Selain itu, sembako yang kami berikan bisa bermanfaat untuk keluarga,” ujar Widi, Jumat (12/01/24).

Di sisi lain, Pegadaian hendak mengedukasi beragam produk Pegadaian Syariah Istiqlal yang bisa menjadi solusi keuangan maupun investasi bagi keluarga.

“Banyak ragam produk di Pegadaian Syariah salah satunya Produk Arrum Haji yang bisa membantu mandapatkan porsi haji bagi nasabah yang ingin menunaikan ibadah haji,” jelasnya lagi.

Terkait itu, drg Astrid, Medical Pegadaian menambahkan, kegiatan Risalah ini bertujuan mencegah stunting.

Program ini harus dimulai dari pemberian pemahaman dan gizi kepada ibu dan ibu hamil.
“Stunting ini salah satu masalah yang multifaktor. Maka yang akan kita jaga yaitu dimulai dari kesehatan reproduksi perempuan, serta nutrisi yang cukup,” jelas Dokter Astrid.(*)