BOLMUT,- Pembangunan asrama baru untuk mahasiswa asal Kabupaten Bolaang Mongondow Utara di Kota Palu, Sulawesi Tengah mendapat apresiasi positif.

Sebab, asrama baru dengan konstruksi dua lantai tersebut, diyakini dapat membantu meringankan beban mahasiswa untuk menunaikan kuliahnya di perguruan tinggi.

“Sebagai salah satu mahasiswa asal Bolmut yang sementara kuliah di Palu, tentu saya sangat bangga dan berterima kasih kepada Pemda Bolmut khususnya Pak Bupati Sirajudin Lasena, sebab boleh memulai proses pembangunan asrama baru untuk nantinya bisa kami tempati jika sudah selesai. Asrama ini pasti sangat bermanfaat untuk meringankan beban kami yang akan menunaikan perkuliahan di perguruan tinggi,” kata Rahmat Paputungan, warga Desa Boroko Timur, Kecamatan Kaidipang, Sabtu (20/4).

Rahmat adalah satu dari sekian banyak mahasiswa asal Bolmut yang sementara kuliah di perguruan tinggi di Palu. Ia kini tercatat sebagai mahasiswa Semester IV di Universitas Islam Negeri Datokrama Palu Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Rahmat hadir dan menyaksikan langsung proses peletakan batu pertama oleh Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena yang menandai dimulainya pembangunan asrama baru tersebut, Jumat (19/4).

Rahmat terus mengumbar senyum, sebab ada harapan kelak ketika selesai dibangun sekitar Oktober 2024 nanti, ia tak lagi akan mengeluarkan uang untuk membayar kost sampai Rp 750 per bulan.

“Karena belum ada asrama mahasiswa, saat ini saya masih kost untuk kuliah dan biayanya cukup tinggi, yakni hingga Rp 750 Ribu per bulan. Jika sudah ada asrama permanen, maka biaya kost sudah tak ada dan bisa dialihkan untuk kebutuhan lain,” ujarnya.

Sebelum mulai dibangun, kondisi asrama mahasiswa Bolmut di Palu menurut Rahmat sangat memprihatinkan pasca gempa. Tak bisa didiami, sebab dinding-dinding sudah retak dan hancur.

“Lokasi asrama ini sangat strategis karena berada di perkotaan, pasti sangat membantu kami semua. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih untuk Pemda Bolmut dan Pak Bupati. Aset ini akan kami jaga dan rawat saat ditempati nanti,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dibawah kendali Penjabat Bupati Sirajudin Lasena SE MEc Dev mengalokasikan danan sesuai nilai kontrak mencapai Rp 2.591.500.000 yang tertata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024 untuk membangun asrama baru.

Diperkirakan pembangunan asrama akan rampung pada Oktober 2024, jika dihitunga pengerjaannya selama 180 hari kerja sejak April sesuai peletakan batu pertama. (*)