BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr. Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev, membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-8 Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2024, Dengan mengangkat tema ” Wujudkan sumber daya manusia unggul menyongsong generasi emas”, dii Halaman Islamic Center Boroko, Minggu (26/5).

Kegiatan diawali dengan pelantikan dan pengambilan sumpah Dewan Hakim oleh Kepala Kantor Kementerian Agama.

Sirajudin menyampaikan salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, di antranya melalui kegiatan Musabqah tilawatil Qur’an (MTQ). Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar islam dan ikhtiar dan mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-NYA, memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif dari pada Kitab suci Al-Qur’an bagi umat islam.

Oleh sebab itu pelaksanaan MTQ ini tidak hanya di pahami dari sisi kegiatan syiar keagamaan, tanpa mampu memaknai lebih kemprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya. Pemahaman dan kesadaran inilah, yang perlu di bangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat. MTQ tidak semata – mata wahana untuk berlatih, dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Quran.

“Saya berharap, nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan yang tercipta antar kafilah di arena MTQ ini tidak sekedar mengejar kemenangan menjadi juara, akan tetapi mari kita jadikan MTQ ini sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” kata Sirajudin

Sirajudin juga mengapresiasi kinerja LPTQ Bolaang Mongondow Utara, serta menyampaikan pengahargaan yang tinggi kepada panitia pelaksana dan seluruh pihak yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik.

Diketahui keseluruhan Peserta MTQ berjumlah 161 peserta dan 37 official yang merupakan peserta terbaik dari tingkat kecamatan se kabupaten Bolmut.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP-PKK Bolmut Ibu Ening Sutrisni Lasena Adam, S.St., Kepala kantor kementerian agama Kab. Bolmut, Para Asisten sekda kab. Bolmut, Staf ahli Bupati, Staf khusus Bupati, Forkopimda Kabupaten, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta masing-masing kafilah Kecamatan Se- Kab Bolmut. (*)